BRI Raih TOP CSR Award

BRI Raih TOP CSR Award

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) raih penghargaan TOP CSR Award 2020 hari ini, Rabu, 29 Juli 2020 di Sultan Hotel Jakarta.

Penghargaan TOP CSR Awards 2020 ini diselenggarakan oleh majalah Top Business, yang bekerjasama dengan beberapa Asosiasi dan Konsultan CSR.

Kegiatan ini diikuti oleh 120 perusahaan finalis (dari 200 perusahaan), dan meningkat dari tahun sebelumnya yang sebanyak 72 Finalis (dari 150 perusahaan).

Selain BRI, beberapa perusahaan yang memiliki CSR terbaik diantaranya adalah Kideco Jaya Agung, Geo Dipa Energi, Pengerukan Indonesia (Rukindo), Rekayasa Industri, PLN, Kereta Api Indonesia, Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Pelabuhan Indonesia IV, Borneo Indobara, Pelabuhan Indonesia I, dan Pupuk Indonesia.

Selain itu, Hutama Karya, Mowilex Indonesia, Perkebunan Nusantara III, Softex Indonesia, Pupuk Sriwidjaja Palembang, Petrokimia Gresik, Asmin Bara Bronang, MNC Group, Air Nav Indonesia, serta, beberapa perusahaan multinasional, listed company, BUMN, BUMD, dan Swasta Nasional.

Kegiatan tahunan TOP CSR Awards ini, tidak hanya sekedar ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ PKBL/ Community Development yang efektif dan berkualitas saja. Namun juga sebagai sarana pembelajaran Bersama bagi para peserta, untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisning yang berkelanjutan.

Dalam Wawancanra Penjurian, Dewan Juri memberikan masukan dan saran-saran perbaikan kepada para peserta, untuk peningkatan kualitas CSR perusahaan ke depan.

Achmad Daniri, selaku Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2020 juga menjelaskan bahwa proses penilaian dan penentuan pemenang, dilakukan secara obyektif dan independen.

“Kriteria utama penilaian dalam Top CSR Awards mengacu pada 3 hal, pertama, Tingkat adopsi CSR Perusahaan terhadap ISO 26000 Social Responsibility, kedua, Keselarasan Program CSR Strategi Bisnis perusahaan, dan ketiga, bagaimana prinsip-prinsip GCG melandasi pelaksanaan program-program CSR perusahaan,” kata Achmad Daniri.

Acara TOP CSR Awards 2020 sendiri mengangkat tema Peran Strategis CSR dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Era New Normal.

Strategi CSR dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dapat dilakukan dengan melalui kebijakan CSR di era New Normal dengan melakukan pertama, mengidentifikasi perubahan aktivitas bisnis dan dampaknya terhadap perusahaan, kedua, mengidentifikasi perubahan kondisi Stakeholders, terutama karyawan, konsumen, dan pemasok.

Ketiga, mengidentifikasi dampak sosial pada masyarakat, dan keempat, merumuskan inovasi program CSR yang selaras dengan identifikasi tersebut dan strategi bisnis perusahaan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.