Internasional

Erdogan-Kilicdaroglu Siap Bertarung di Putaran Kedua Pilpres Turki

Jakarta –  Dua kandidat terkuat calon presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan  Kemal Kilicdaroglu kembali bertarung dalam Pilpres putaran kedua karena keduanya tidak memenuhi ambang batas 50% dari hasil hitung cepat yang digelar pada Minggu (14/5/2023).

Dinukil kantor berita Anandolu, Senin (15/5/2023), saat ini sebanyak 96% dari keseluruhan suara yang masuk telah dihitung. 

Dari total tersebut, Erdogan memimpin tipis perolehan suara dengan raihan 49,9%, sedangkan saingan oposisinya Kilicdaroglu memyusul di angka 44,86%.

Diketahui, pemilihan presiden Turki menyedot perhatian banyak pihak. Pasalnya, pemiluhan ini tidak hanya akan memutuskan siapa yang memimpin Turki ke depannya, tetapi juga apakah akan kembali ke jalur yang lebih sekuler dan demokratis.

Terlebih, bagaimana akan menangani krisis biaya hidup yang parah, dan mengelola hubungan kunci dengan Rusia, Timur Tengah dan Barat.

Kandidat capres Kilicdaroglu mengaku siap melawan sang petahana di putaran kedua. Bahkan, dirinya mengaku optimis akan mengalahkan pesaing utamanya karena rakyat sudah tidak percaya lagi oleh pemerintahan yang dipimpin oleh Erdogan selama beberapa dekade.

“Kami pasti akan menang di putaran kedua dan membawa kembali demokrasi,” katanya, melansir CNN, Senin (15/5/2023).

Tak mau kalah, Erdogan pun menyakini akan memenangkan dalam putaran kedua. Pihaknya meminta pendukungnya untuk bersabar menunggu hasil dari putaran kedua tersebut,

Dalam berbagai jajak pendapat pra pemilu, elektabilitas Erdogan tampil lebih tinggi dibanding kandidat lain. Bahkan, Erdogan tampil dengan percaya diri saat berbicara  dihadapan para pendukungnya.

“Kami sudah mengungguli saingan terdekat kami dengan 2,6 juta suara. Kami berharap angka ini meningkat dengan hasil resmi,” kata Erdogan melansir Reuters.

Sementara itu, ribuan pemilih Erdogan berkumpul di markas partai di Ankara. Mereka larut dalam keriuhan dengan membunyikan lagu-lagu partai dari pengeras suara dan mengibarkan bendera. Bahkan beberapa dari pendukungnya menari di jalan.

“Kami tahu ini belum benar-benar sebuah perayaan tapi, kami harap kami akan segera merayakan kemenangannya. Erdogan adalah pemimpin terbaik yang kami miliki untuk negara ini dan kami mencintainya,” kata Yalcin Yildrim, 39, yang memiliki sebuah pabrik tekstil itu.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

59 mins ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

2 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

2 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

2 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

2 hours ago

Bundamedik Cetak Laba Bersih Naik 199 Persen di Semester I 2024, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bundamedik Tbk atau Bundamedik Healthcare System (BMHS) sebagai salah satu emiten kesehatan… Read More

2 hours ago