Empat Rekomendasi MES Perkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah Nasional

Empat Rekomendasi MES Perkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah Nasional

Empat Rekomendasi MES Perkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah Nasional
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) sekaligus Ketua Dewan Pakar MES, Perry Warjiyo menyampaikan empat rekomendasi kepada segenap pengurus MES dan pemangku kepentingan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Rekomendasi ini merupakan hasil dari rapat Dewan Pakar tahunan yang digelar jumat, 7 Oktober 2022.

Pertama, akselerasi sertifikasi halal bagi pelaku usaha terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kemudian Dewan pakar MES juga merekomendasikan untuk merumuskan peta jalan (roadmap) dan menyelenggarakan halal fesyen serta mendorong terbentuknya ekosistem pariwisata ramah muslim dan pemberdayaan UMKM wanita dan kaum muda untuk meningkatkan daya saing.

Kemudian yang ke dua, Perry menyampaikan perlu adanya inovasi secara kongkrit terkait produk dan pengembangan sistem keuangan syariah. Untuk itu, berbagai instrumen dan juga alternatif skema pembiayaan dan pendanaan Syariah perlu diperluas.

“Mari kita kembangkan berbagai instrumen keuangan syariah, tidak hanya terkait dengan perbankan tapi juga dari pasar modal termasuk juga sosial crowd funding. Yang sudah terbentuk mari kita perkuat untuk membiayai, mengembangkan UMKM, termasuk juga sukuk negara, sukuk daerah hingga penjaminan syariahsyariah,” ungkap Perry.

Yang ketiga, Dewan Pakar MES merekomendasikan penguatan promosi perdagangan, untuk membentuk global halal hub dan menyambungkan berbagai agregator yang saat ini menjadi off taker produk-produk UMKM. Termasuk juga memperluas pemasaran produk-produk UMKM ke negara-negara ekspor potensial di antaranya ke Afrika dan negara-negara Timur Tengah. Termasuk juga bekerja sama dengan Diaspora untuk mengembangkan pemasaran produk halal.

Kemudian rekomendasi yang ke empat adalah meningkatkan pendidikan dan riset terhadap ekonomi dan keuangan syariah di antaranya melalui program vokasi di perguruan tinggi. (*) Dicky F.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]