Empat Langkah Pengelolaan Wakaf Secara Produktif

Empat Langkah Pengelolaan Wakaf Secara Produktif

Empat Langkah Pengelolaan Wakaf Secara Produktif
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengungkapkan, ada 4 langkah penting yang perlu dilakukan untuk mengelola wakaf secara produktif. Pengelolaan wakaf yang baik nantinya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi syariah yang akhirnya berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Pertama, kemampuan dalam merancang, mendesain dan mengimplementasikan proyek-proyek ekonomi keuangan syariah. Optimalisasi wakaf menyangkut pengelolaan aset wakaf dengan manajemen proyek dan keuangan aset wakaf dengan baik dan disertai penyalurannya kepada penerima manfaat selain penghimpunan dana wakaf yang dipercaya,” jelas Perry pada paparan virtualnya, Jumat, 13 Agustus 2021.

Lalu, langkah kedua adalah menggabungkan kepentingan-kepentingan untuk wakaf dan komersial sebagai bentuk integrasi keuangan komersial dan sosial. Proyek-proyek ekonomi saat ini bisa dibiayai melalui pembiayaan gabungan yaitu melalui wakaf dan komersil.

Langkah ketiga adalah melakukan digitalisasi pada proses wakaf produktif dari awal hingga akhir secara end-to-end. Saat ini berbagai kegiatan ekonomis sudah banyak yang beralih ke platform digital, seperti lembaga-lembaga zakat yang sudah mensosialisasikan program-programnya melalui media sosial.

Langkah keempat dan terakhir adalah sosialisasi dan kampanye terus menerus terhadap wakaf dan perekonomian syariah. Bank Indonesia saat ini terus mendukung literasi wakaf dengan melakukan kampanye Gerakan Sadar Wakaf.

“Bank indonesia terus mendukung kampanye wakaf produktif ini bersama badan wakaf indonesia, dewan pakar ekonomi syariah, para kiai dan ulama, perbankan, serta masyarakat luas,” tutur Perry. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]