Ekonomi RI Masih Stabil, Bunga Acuan BI Diprediksi Tetap 5%

Jakarta – Bank Indonesia (BI) dalam dua hari kedepan yakni pada tanggal 20-21 November 2019 menyelenggarakan Rapat Dewan Gubernur (RDG). Beberapa pelaku pasar telah memandang dan memprediksi pergerakan suku bunga acuan BI7-DRR.

Chief Ekonomi Bank Danamon Dian Ayu Yustina di Jakarta, Rabu, 20 November memandang, bahwa BI akan menahan suku bunga acuannya pada periode November 2019. Dirinya menilai, kondisi fundamental ekonomi RI masih stabil.

“Prediksi kami kemngkinan BI akan menahan suku bunganya di 5 persen karena dari sisi fundamental sendiri Indonesia masih kondusif. Salahsatunya CAD yang membaik, pertumbuhan ekonomi yang stabil dan rupiah relatif stabil,” kata Dian.

Pertumbuhan ekonomi RI yang mampu bertahan pada 5,02% hingga kuartal ketiga tahun ini diharapkan semakin menopang angka konsumsi masyarakat.

Dari faktor global, sentimen suku bunga bank sental Amerika Serikat (The Fed) juga diprediksi akan menahan bunga acuannya hingga akhir 2019. Dengan begitu Dian memandang suku bunga BI pada tahun 2020 mendatang hanya turun satu kali atau mencapai 4,75%.

“Sementara itu, arah kebijakan fed akan hold dulu, Saya lihat ini yang diperhatikan BI hingga akhir tahun,” tambah Dian.

Sebagai informasi, pada RDG BI periode Oktober yang lalu, BI kembali menurunkan BI7-DRR sebesar 25 basis points (pbs) menjadi 5% sehingga sejak sepanjang 2019, BI telah menurunkan suku bunga acuan sebanyak 4 kali berturut atau mencapai 100 bps dari tahun lalu yang mencapai 6%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

OJK Dorong Peningkatan Literasi Pasar Modal ke Anggota Polri

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan seluruh stakeholder pasar modal berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan… Read More

17 mins ago

Pinhome Buka Jalan di Pasar Properti IKN, Berikut Sasarannya

Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi salah satu pusat perhatian. Pembangunan yang terus… Read More

8 hours ago

Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

Jakarta - Tren penurunan suku bunga yang terjadi akhir-akhir ini disambut baik oleh berbagai kalangan,… Read More

9 hours ago

Moratorium Fintech Lending Belum Dibuka, Begini Tanggapan AFTECH

Jakarta - Sejak awal 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penutupan perizinan untuk… Read More

9 hours ago

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

11 hours ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

11 hours ago