News Update

Ekonomi RI Diambang Resesi dan Krisis

Jakarta – Chief Economist PT Bank CIMB Niaga Tbk Adrian Panggabean memandang ekonomi Indonesia diambang ancaman resesi ataupun krisis di tahun 2020 ini. Ia menilai, krisis 2020 dipicu oleh pandemi virus corona (COVID19) dimana episentrumnya tersebar di banyak negara dunia, dan memiliki tiga dimensi yaitu virus itu sendiri, pengendalian penyebaran sang virus, dan efek ekonomi.

“Kami menyimpulkan bahwa Indonesia akan mengalami resesi di tahun 2020 itu terlihat dari tingginya ketidakpastian akan trajektori data serta perubahan fundamental,” kata Adrian dalam laporan analisa ekonomi yang diterima infobanknews di Jakarta, Rabu 22 April 2020.

Menurutnya pola pemulihan (recovery path) ekonomi tahun 2020 berbeda karakteristiknya dengan krisis tahun 1998 dan 2008. Adrian menilai, pola penyebaran, tipe, mutasi, dan obat penawar virus corona, adalah empat tantangan besar yang masih menjadi analisa para ilmuwan.

“Analisis kontemporer merujuk pada horizon 12-18 bulan sebelum penawar virus bisa diaplikasikan pada manusia. Ini berarti pandemi yang merebak di kuartal 1 2020 mungkin baru akan bisa diselesaikan di semester 1 tahun 2021,” kata Adrian.

Upaya memperlambat penyebaran virus, dalam bentuk pembatasan sosial berskala besar (large scale social distancing), yang bertujuan menyeimbangkan antara potensi fatalitas dengan ketersediaan fasilitas kesehatan justru memiliki implikasi multi dimensional.

Menurutnya, dengan kondisi saat ini, perekonomian diasumsikan baru akan mulai bergerak kembali di kuartal ketiga 2020 dengan pertumbuhan konsumsi rumah tangga di sepanjang 2020 kemungkinan besar hanya mencapai 2,5% yoy. Dengan begitu pihaknya memprediksi hingga keseluruhan tahun 2020, pertumbuhan PDB hanya mencapai 1,8% yoy dengan rerata inflasi (year-average inflation) di angka 2,7%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Semangat Perjuangan Yahya Sinwar Melawan Israel, Nyawa jadi Taruhannya

Jakarta – Militer Israel mengeklaim telah membunuh pemimpin politik dan militer Hamas Yahya Sinwar di… Read More

5 mins ago

Jelang Akhir Pekan, IHSG Ditutup Naik 0,32 Persen ke Level 7.760

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini (18/10) ditutup meningkat ke level… Read More

28 mins ago

Infobank Digital Bersama Asuransi Intra Asia dan Bank Mayapada Gelar Literasi Keuangan bagi Mahasiswa Unair

Surabaya – Infobank Digital yang merupakan bagian dari Infobank Media Group menggelar Infobank Literacy Road… Read More

31 mins ago

Tingkatkan Literasi Keuangan bagi Milenial, MR.DIY dan CIMB Niaga Lakukan Ini

Jakarta – Perusahaan ritel rumah tangga, MR.DIY menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam… Read More

36 mins ago

Erina Gudono Santap Omakase Spesial di RS usai Kelahiran Anak, Harga Fantastis jadi Sorotan!

Jakarta – Erina Gudono, istri dari Kaesang Pangarep, kembali mendapat sorotan tajam netizen setelah melahirkan… Read More

1 hour ago

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

2 hours ago