Pasar Modal

Ekonom Sebut Susunan Kabinet Merah Putih Prabowo Sesuai Ekspektasi Pasar

Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2024, secara resmi telah melantik para menteri, wakil menteri, hingga pejabat setingkat menteri di Istana Merdeka.

Secara rinci, Presiden Prabowo melantik 48 menteri dan lima pejabat setingkat menteri pada pukul 10:00 WIB. Lalu, dilanjutkan dengan pelantikan 56 wakil menteri pada pukul 14:30 WIB.

Berdasarkan hal itu, Chief Economist Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Rully Arya Wisnubroto, mengatakan bahwa untuk deretan menteri ekonomi yang ditetapkan pada Kabinet Merah Putih Prabowo merupakan wajah lama dan sebagian besar berasal dari Pemerintahan Jokowi.

“Untuk tim ekonomi, sebagian besar orang-orangnya merupakan Menteri bidang ekonomi di Pemerintahan Jokowi. Sebagian besar wajah lama dan cukup kental dengan tema keberlanjutan,” ucap Rully kepada Infobanknews di Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024.

Baca juga: CIMB Niaga Syariah Targetkan Nilai Transaksi Haya Festival 2024 Tumbuh 20 Persen

Sehingga, menurut Rully jajaran menteri dan wakil menteri di Kabinet Prabowo telah sesuai dengan ekspektasi pasar dan dirinya optimis dalam jangka menengah hingga panjang dapat memberikan pada positif untuk ekonomi, serta pasarZ

Di mana, menurutnya, dengan adanya dampak positif kepada ekonomi dan pasar saham RI akan menguntungkan dua sektor utama, yakni sektor perbankan dan juga sektor ritel.

Adapun, Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2024, ditutup pada zona hijau ke level 7.772,59 atau menguat 0,16 persen dari dibuka pada level 7.760,19.

Dengan sektor keuangan atau perbankan yang mengalami peningkatan 0,48 persen, diikuti oleh sektor siklikal yang naik 0,08 persen, sementara sektor non-siklikal masih melemah 0,50 persen. (*)

Editor: Yulian Saputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Kilas Balik Spesifikasi Mobil Maung Buatan Pindad yang Menemani Prabowo ke Istana

Jakarta - Setelah resmi dilantik, Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Minggu,… Read More

5 hours ago

Tok! OJK Cabut Izin Usaha Investree

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2024, secara resmi… Read More

6 hours ago

Menteri Maman: Kementerian UMKM Fokus Akselerasi Pertumbuhan 60 Juta Pelaku UMKM

Jakarta - Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman melakukan serah terima jabatan… Read More

6 hours ago

CIMB Niaga Akan Gelar Kejar Mimpi Goes To School

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei tengah memberikan paparan di sela-sela… Read More

7 hours ago

Begini Komitmen IFG Sokong Pelaku Industri Asuransi Melek Literasi Keuangan

Jakarta – Memperingati Hari Asuransi Nasional yang jatuh pada 18 Oktober 2024, Indonesia Financial Group… Read More

7 hours ago

MAMI: Outlook Pemangkasan BI Rate jadi Potensi Menarik bagi Pasar Obligasi

Jakarta  – PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengungkapkan, pasar finansial Indonesia menjadi diuntungkan oleh… Read More

8 hours ago