Ekonom: Inflasi Agustus Diperkirakan 6,7%

Ekonom: Inflasi Agustus Diperkirakan 6,7%

Ekonom: Inflasi Agustus Diperkirakan 6,7%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

BI diperkirakan akan tetap menahan BI Rate di kisaran 7,5%. Ria Martati

Jakarta–Ekonom DBS Gundy Cahyadi memperkirakan inflasi Agustus mencapai 6,7% year on year. Sementara inflasi inti diperkirakan 4,9%.

“Data inflasi nampaknya tak akan membuat BI mengubah stance kebijakannya saat ini,” kata Gundy dalam keterangan pers di Jakarta 28 Agustus 2015.

Gundy mengatakan, BI akan menjaga stance kebijakannya meski BI yakin akan mencapai target inflasi tahun ini. Seperti diketahui, bank sentral tahun ini menargetkan inflasi terkendali dan rendah sehingga berada di kisaran bawah 4% plus minus 1% pada tahun 2015 dan 2016.

Sementara pelemahan Rupiah mengakibatkan inflasi pada barang-barang impor, khususnya pada harga minyak.

“Meski harga minyak mentah stabil ke depan, harga di dalam negeri akan naik jika Rupiah terus melemah terhadap Dollar Amerika,” kata dia.

Perubahan kebijakan BI yang tidak membiarkan pelemahan Rupiah menurutnya penting untuk mengembalikan kepercayaan pada pelaku bisnis lokal.

Laju inflasi Juli lalu tercatat sebesar 0,93% atau sama dengan tingkat inflasi pada Juli 2014, dengan inflasi tahun kalender Januari-Juli mencapai 1,9% dan inflasi secara tahunan (yoy) 7,26%. Sedangkan, inflasi komponen inti pada Juli 2015 tercatat mencapai 0,34 % dan secara tahunan (yoy) mencapai 4,86%. (*)

@ria_martati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]