Ekonomi dan Bisnis

Ekonom CORE: Hilirisasi Mulai Dongkrak Rasio Ekspor Produk Bernilai Tambah

Jakarta – Ekonom CORE Indonesia, Ina Primiana mengungkapkan bahwa hilirisasi telah berdampak pada kenaikan ekspor Indonesia dengan produk yang memiliki nilai tambah.

“Kita bisa mengatakan bahwa hilirisasi yang terjadi itu memang berdampak. Dampaknya itu menyebabkan adanya ekspor kita meningkat dengan produk yang memiliki nilai tambah,” ujar Ina dalam CORE Economic Outlook 2024, Selasa 23 Januari 2024.

Lebih jauh dia menjelaskan, bahwa terjadi pergeseran rasio ekspor hilir dan ekspor bahan mentah akibat dari program hilirisasi. Di mana, ekspor produk hilir dari berbagai komoditas meningkat sejak adanya program hilirisasi.

Baca juga: Debat Keempat Pilpres, Gibran Tegaskan Akan Lanjutkan dan Perluas Hilirisasi Jokowi

Secara rinci, pada komoditas nikel rasio ekspor hilir sudah mencapai 99 persen, sedangka ekspor bahan mentah nikel hanya 1 persen. Disusul, komoditas kelapa sawit sebesar 89 persen yang dieskpor merupakan produk hilirisasi, dan 11 persen nya ekspor bahan mentah.

Sedangkan, komoditas rumput laut ekpor hilirnya sudah mencapai 33 persen dan untuk ekspor bahan mentah 67 persen. Meski belum terjadi pergeseran rasio yang signifikan, namun komoditas rumput laut ini diprediksi baru akan bergeser di tahun 2030.

“Jadi sudah terjadi pergeseran rasio ekspor hilir dan ekspor bahan mentah akibat dari program hilirisasi,  jadi ekspor produk hilir itu dari komoditas ini meningkat,” ungkapnya.

Ina menambahkan, hal ini juga berdampak kepada peningkatan tenaga kerja di sektor industri. Dari tahun 2022 ke 2023 saja tenaga kerja meningkat menjadi 19,34 juta.

“Kalau kita lihat sebetulnya meskipun dia terbuka lapangan pekerjaan, tapi memang masih di informal yang masih banyaknya di sektor informal,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Desember 2023 sebesar USD22,41 miliar atau naik 1,89 persen secara bulanan (mtm), dibandingkan bulan sebelumnya pada November 2023 yang sebesar USD22 miliar.

Baca juga: RI Mulai Menikmati Dampak Hilirisasi, Pemerintah Disarankan Lakukan 2 Hal Ini

Adapun, nilai ekspor komoditas nikel Indonesia mengalami penurunan sebesar 4,09 persen secara bulanan (mtm) di Desember 2023. Kemudian, pada Desember 2023 nilai ekspor nikel sebesar USD521,8 juta.

Sementara, untuk total volume ekspor nikel tercatat sebanyak 126 juta ton, atau turun sebesar 14,06 persen mtm.

BPS menyatakan penurunan ekspor nikel ini disebabkan oleh turunnya permintaan negara tujuan ekspor. Namun, BPS belum bisa menjelaskan secara terperinci negara mana saja yang mengurangi permintaan nikel. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

11 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

11 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

12 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

14 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

15 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

16 hours ago