Market Update

Efek Hasil Pemilu AS, Rupiah Dibuka Melemah

Jakarta-‎-Efek hasil Pemilu, nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS pada perdagangan hari ini (10/11) dibuka merosot di atas level Rp13.100 per US$. Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka turun 54 poin ke level Rp13.136 dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya Rp13.084 per US$.

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS terjadi pasca pengumuman Donald Trump sebagai Presiden terpilih Amerika Serikat (AS). Maka dari itu, Bank Indonesia (BI) sebagai regulator di bidang moneter harus berupaya untuk menjaga laju rupiah sesuai dengan fundamentalnya.

“Kalau lewat level psikologisnya, mulai harus ada kehati-hatian karena secara psikologis mulai mengganggu yang tadinya tenang-tenang, enggak beli dolar, orang akan mulai beli dolar kalau lewat dari Rp13.280 per Dolar AS,” ujar Kepala Ekonom Samuel Sekuritas Lana ‎Soelistianingsih di Jakarta.

Kendati demikian, kata dia, secara teknikal pergerakan rupiah di level Rp13.280 masih terbilang aman. Dia menilai, melemahnya laju rupiah terhadap Dolar AS karena efek hasil Pemilu tersebut diperkirakan hanya bersifat jangka pendek setelah terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden AS.

“‎Saya kira harapannya Bank Indonesia akan menjaga di level psikologis yang tidak bahaya, tapi kalau terjadi paling-paling jangka pendek,” ucap Lana. (*) (Baca juga : Sentimen Donald Trump Diharap Tak Ganggu Ekonomi RI)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Antrean IPO Turun Jelang Jokowi Pensiun, BEI Bilang Begini

Jakarta - Jumlah perusahaan antre penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek… Read More

8 hours ago

Cara OJK Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Ekonomi Masyarakat

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menunjukannya komitmennya dalam mendorong pengembangan dan penguatan industri… Read More

10 hours ago

FEB UI Anugerahi eks Gubernur BI Soedradjad Djiwandono Penghargaan Wirakarya Adhitama

Depok - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menganugerahkan penghargaan Wirakarya Adhitama kepada… Read More

10 hours ago

IHSG Ditutup Menguat, 5 Saham Ini Jadi Penopang

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami peningkatan sebesar 0,33 persen di… Read More

14 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Naik 0,33 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.532

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

14 hours ago

Rp2,84 Triliun Modal Asing Keluar RI pada Pekan Kedua Oktober 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat pada minggu kedua Oktober 2024 terjadi aliran modal asing… Read More

15 hours ago