Moneter dan Fiskal

Efek Donald Trump, BI dan Kemenkeu Harus Jaga Kondisi Pasar

Jakarta–Efek Donald Trump dikhawatirkan bakal berdampak pada pasar keuangan nasional. Kondisi ini sejalan dengan pernyataan-pernyataan Donald Trump yang sering dianggap kontroversial.

Oleh sebab itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) memiliki peran penting untuk mengantisipasi efek Donald Trump yang berpotensi mengganggu pasar keuangan Indonesia.

Sebagai informasi, setelah diumumkannya Donald Trump yang memimpin suaranya sebanyak 276 electoral votes banding 218 untuk Hillary Clinton dalam Pemilihan Presiden AS, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS langsung mengalami penurunan.

Kepala ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengatakan, BI sebagai Bank Sentral yang menjaga stabilitas rupiah, harus berupaya agar laju rupiah terhadap Dolar AS tetap berada pada fundamentalnya. Meski saat ini kondisi rupiah sempat melemah akibat dari efek Donald Trump ini.

“Saya pikir dalam jangka pendek sekiranya gejolak rupiah terus berlangsung dan level rupiah sudah di atas level fundamentalnya, saya pikir BI akan berada di pasar dan akan melakukan langkah-langkah stabilisasi rupiah,” ujar Josua kepada Infobanknews.com di Jakarta.

Sementara itu, Kementerian Keuangan juga harus berperan dalam menjaga kondisi fiskal. Dia mengungkapkan, defisit anggaran perlu dikelola sedemikian sehingga tidak lebih besar dari 3% terhadap PDB. Hal ini untuk mencegah sentimen dalam negeri serta menjaga iklim investasi.

“Selain itu Pemerintah juga perlu mendorong optimalisasi belanja pemerintah pusat dan daerah sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terdorong,” ucap Josua.

(Baca juga : Sentimen Donald Trump Diharap Tak Ganggu Ekonomi RI)

Sedangkan terkait dengan hubungan perdagangan antara AS dan Indonesia, lanjut dia, Pemerintah perlu mengoptimalkan komunikasi serta negosiasi terkait dengan perjanjian perdagangan yang mungkin akan dikaji oleh pemerintah AS. Sehingga tidak terjadi penurunan ekspor Indonesia ke AS. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Antrean IPO Turun Jelang Jokowi Pensiun, BEI Bilang Begini

Jakarta - Jumlah perusahaan antre penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek… Read More

4 hours ago

Cara OJK Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Ekonomi Masyarakat

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menunjukannya komitmennya dalam mendorong pengembangan dan penguatan industri… Read More

6 hours ago

FEB UI Anugerahi eks Gubernur BI Soedradjad Djiwandono Penghargaan Wirakarya Adhitama

Depok - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menganugerahkan penghargaan Wirakarya Adhitama kepada… Read More

6 hours ago

IHSG Ditutup Menguat, 5 Saham Ini Jadi Penopang

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami peningkatan sebesar 0,33 persen di… Read More

9 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Naik 0,33 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.532

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

10 hours ago

Rp2,84 Triliun Modal Asing Keluar RI pada Pekan Kedua Oktober 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat pada minggu kedua Oktober 2024 terjadi aliran modal asing… Read More

11 hours ago