Ekonomi dan Bisnis

Dukung Pengembangan Industri Kreatif, Kemenparekraf Gelar Bootcamp AKI 2024

Jakarta – Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 terus mengembangkan kapasitas pelaku usaha kreatif dan memfasilitasi perluasan akses pasar produk kreatif.

Sebagai informasi, AKI adalah program tahunan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bertujuan sebagai wadah bagi pelaku ekraf untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring, dan database.

Saat ini, Direktorat Kuliner Kriya Desain dan Fesyen, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf sedang memulai rangkaian Fase Bootcamp AKI 2024.

Fase Bootcamp ini merupakan lanjutan dari Fase Pendaftaran (Februari-Maret 2024) dan Fase Kurasi dan Temu Sapa Peserta (Maret 2024).

Baca juga: Genjot Ekonomi Kreatif, Nobu Bank Gandeng MD Co Berdayakan 10 Ribu UMKM

Tergerak oleh misi Kemenparekraf dalam mengakselerasi kemajuan ekonomi kreatif, para mentor yang dipilih di Fase Bootcamp sudah siap memberikan ilmu-ilmunya.

Salah satu mentor yang merupakan CEO Kasisolusi, Deryansha mengatakan Kemenparekraf menjadi salah satu kementerian yang sangat serius membantu UMKM agar naik kelas, bereskalasi, tumbuh dan berkembang.

“Ilmu-ilmu marketing, branding, selling saya akan buka semua di Bootcamp, karena seperti yang diminta oleh pak Sandiaga Uno, ekonomi kreatif ini bergerak pesat,” ujarnya dikutip 30 April 2024.

Para peserta Fase Bootcamp ini akan mendapat materi, di antaranya pada hari pertama yakni Hak Kekayaan Intelektual, Pitching & Presentasi, dan Pengelolaan Keuangan.

Lalu pada hari kedua akan disampaikan materi berupa Produk Review & Branding, Marketplace & Promosi Digital, Design Thinking & Business Model, Legalitas & Standarisasi Usaha.

Sebagai penutup di hari terakhir peserta akan mendapatkan materi Sosialisasi E-KATALOG dan Coaching Clinic & Mentoring.

Kota Bekasi dan Serang menjadi 2 kota pertama yang menggelar Fase Bootcamp AKI 2024. Dari Kota Bekasi dan Serang sama-sama ada 38 jenama atau brand yang lolos mengikuti Fase Bootcamp.

Nantinya, Fase Bootcamp akan digelar selama 3 hari, di tiap 12 kota atau kabupaten (Bekasi, Singkawang, Blitar, Palu, Magelang, Serang, Toba, Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo, Denpasar dan Merauke).

Baca juga: UMKM Naik Kelas dan Rantai Pasok Industri

Adapun Fase Bootcamp ini berlangsung dari 23 April hingga akhir Mei 2024. Dari 6680 ribu pendaftar yang sudah masuk di Fase Pendaftaran untuk 7 subsektor (Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik dan Film), hanya 410 jenama yang lolos tahapan Kurasi yang akan ikut Fase Bootcamp.

Setelah mengikuti Bootcamp, tahapan berikutnya bagi para peserta adalah mengikuti pameran yang akan berlangsung di masing-masing Kota dan kabupaten dari Mei sampai Agustus 2024.

Kemudian ditutup dengan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan AKI 2024, dengan Malam Puncak yang akan diadakan di Jakarta pada September 2024. (*) Alfi Salima Puteri

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago