Dukung Pemulihan Ekonomi, DJKN Gelar Lelang Produk UMKM

Dukung Pemulihan Ekonomi, DJKN Gelar Lelang Produk UMKM

UMKM Binaan BI
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan menggelar lelang produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Acara ini dilakukan secara serentak oleh unit vertikal DJKN yakni Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Acara bertajuk Gebyar Lelang UMKM 2022 yang dirangkaikan dengan Pencanangan Kompetisi dan Inovasi (KEDAI) Lelang UMKM 2022 ini digelar pada Kamis (24/3) secara hybrid dan merupakan puncak rangkaian acara dalam momentum 114 Tahun Lelang Indonesia.

“Tema kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia sejalan dengan kegiatan Presidensi G20 yakni dengan semangat 114 tahun lelang di Indonesia, mari bersama kita dorong pemulihan dan penguatan ekonomi Indonesia dengan slogan Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia”, jelas Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto pada keterangannya, Kamis, 24 Maret 2022.

Adapun pada pelaksanaan lelang produk UMKM ini terdapat beberapa kemudahan/fleksibilitas yang diberikan. Kemudahan dan fleksibilitas dimaksud, antara lain extended auction, lelang tanpa uang jaminan, adanya fitur khusus produk UMKM pada lelang.go.id¸ serta tersedianya template formulir-formulir serta tutorial audio visual terkait pengajuan permohonan lelang sehingga memudahkan para Pelaku UMKM untuk mengajukan permohonan lelangnya.

Dirjen KN Rionald Silaban dalam kesempatan yang sama, menyebutkan bahwa portal lelang.go.id adalah salah satu manifestasi visi dan misi DJKN. Portal lelang.go.id adalah sebuah layanan one stop service berbasiskan teknologi informasi.

Rionald menyampaikan bahwa program pemberdayaan UMKM perlu dilakukan secara terarah dan terkoordinasi. Sinergi dan kontribusi aktif seluruh elemen pemerintah menjadi kunci keberhasilan dalam mendukung UMKM dan meningkatkan perekonomian daerah.

Ia menambahkan dengan berlandaskan pada sinergi dan kontribusi bersama itulah, Joint Program Pemberdayaan UMKM Kementerian Keuangan diselenggarakan, dimana salah satu wujud nyatanya adalah Kegiatan Gebyar Lelang UMKM dan KEDAI Lelang UMKM. Rionald menaruh harapan dari berbagai warna kemeriahan 114 Tahun Lelang Indonesia. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]