Perbankan

Dukung Literasi Keuangan, CIMB Niaga Ajak Siswa Menabung Sejak Dini

Jakarta – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berperan aktif dalam meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan yang menyasar berbagai segmen, sebagai wujud dukungan nyata untuk program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Upaya ini sejalan dengan salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR) CIMB Niaga di bidang Pendidikan, selain Program Beasiswa yang selama ini telah berjalan. 

Terbaru, CIMB Niaga menyelenggarakan Tour De Bank (TDB) yang diikuti 250 siswa SD di Kantor Cabang CIMB Niaga Icon Pondok Indah, Jakarta, Minggu (13/10/2024). 

Acara tersebut bertujuan memperkenalkan peran dan fungsi perbankan kepada para siswa SD, sehingga terbangun kebiasaan menabung sejak dini.

Baca juga : Perkuat Kerja Sama Bareng Kampus, CIMB Niaga Buka Digital Lounge di Malang

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, sejak awal pihaknya memilih berfokus pada program literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar, sebab dipercaya kebiasaan menabung harus dibangun dari usia belia. 

“Karena itu, masih dalam rangkaian Hari Indonesia Menabung dan Bulan Inklusi Keuangan, kami mengajak para siswa SD hadir langsung di Bank dan membukakan rekening untuk mereka. Harapannya, dapat memberikan pengalaman yang lebih berkesan sehingga para pelajar akan semakin termotivasi untuk menabung di masa mendatang,” kata Fransiska, Minggu, 13 Oktober 2024.

Ia menjelaskan, selain TDB tersebut, sejak 2011 CIMB Niaga konsisten melaksanakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan melalui berbagai program, seperti Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) yang diikuti siswa SMP dan SMA, Be$MART untuk segmen mahasiswa, dan Webinar Guru untuk tenaga pendidik dari sekolah peserta AMDB dan TDB. 

Baca juga : CIMB Niaga Syariah Targetkan Nilai Transaksi Haya Festival 2024 Tumbuh 20 Persen

Hingga September 2024, program-program tersebut telah menjangkau 94.443 peserta dari 980 sekolah di 134 kota di Indonesia. Adapun sejak Januari hingga September 2024, program ini sukses menjangkau 23 kota dan melibatkan 7.246 peserta dari 63 sekolah.

Lanjutnya, seiring dengan Program GENCARKAN, hingga akhir tahun ini CIMB Niaga berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan di 24 kota kabupaten yang menyasar 1.500 pelajar Sekolah Dasar dan tingkat menengah, 60 Mahasiswa penerima Beasiswa dan mahasiswa Intern CIMB Niaga, 200 pelaku UMKM Indonesia Timur dan Disabilitas, serta 40 Tenaga Pendidik/Guru. 

“Kami juga telah berpartisipasi dalam Financial EXPO OJK yang diselenggarakan  di Balikpapan pada awal Oktober 2024 dan Program LIKE IT (Literasi Keuangan Indonesia Terdepan), serta menandatangani komitmen bersama untuk konsisten melaksanakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan. Kami berharap program tersebut memberikan manfaat untuk terus membangun masyarakat yang lebih cerdas dalam mengelola keuangan,” pungkasnya. (*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Laporan Tahunan Berkualitas, Bank DKI Diganjar Apresiasi

Jakarta - Bank DKI kembali menorehkan prestasi dengan memenangkan penghargaan The Best Indonesia Annual Report… Read More

16 mins ago

Investasi Berkelanjutan Dongkrak Ekonomi, Pemerintah Bakal Garap Energi Bersih

Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani mengatakan, investasi yang berorientasi… Read More

30 mins ago

DANA Respons Teguran Kominfo Terkait Judi Online

Jakarta – Platform pembayaran digital, DANA angkat suara terkait teguran keras yang dilayangkan Kementerian Komunikasi dan… Read More

2 hours ago

BNI dan Garuda Indonesia Hadirkan Bonus 25.000 GarudaMiles di Ultah ke-25

Jakarta - Dalam rangka memperingati 25 tahun GarudaMiles, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau… Read More

5 hours ago

Perluas Layanan Nasabah, Bank INA Buka Kantor Cabang Pembantu di BSD

Jakarta - Bank INA yang merupakan bagian dari Salim Group melanjutkan ekspansi layanan bisnisnya dengan… Read More

8 hours ago

Dukung Bulan Inklusi Keuangan, CIMB Niaga Ajak Pelajar Tour de Bank

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei (kedua kiri) bersama Deputi Direktur… Read More

9 hours ago