News Update

Duh, Rupiah Ditutup Makin Melemah Sentuh 16.575/US$

Jakarta – Dalam perdagangan nilai tukar rupiah sore ini (23/3) ditutup melemah pada level 16.575 bila dibandingkan dengan perdagangan di hari Jumat minggu sebelumnya (20/3) yang berada dilevel 15.960/US$.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menyampaikan, ketidakpastian stimulus pemerintah AS mengakibatkan pasar global kembali tergoncang sehingga membuat mata uang di negara asia tersungkur.

“Terlebih saat ini telah terjadi perdebatan yang sengit di Senat AS yang akan menghentikan RUU koronavirus senilai US$ 1 triliun lebih, tetapi pembicaraan terus dilakukan mengenai tuntutan Demokrat untuk lebih banyak dana untuk perawatan medis dan upaya negara bagian dan lokal untuk memerangi pandemi,” kata Ibrahim di Jakarta, Senin 23 Maret 2020.

Di dalam negeri sendiri, penyebaran virus corona telah meningkat 4 kali lipat menjadi 579 orang dari sebelumnya hanya sekitar 507 sementara kasus yang meninggal menjadi 49 dan 30 orang dinyatakan sembuh.

Ibrahim menilai peningkatan tersebut terjadi setelah alat pendeteksi Virus corona didatangkan dari China dan di sebarkan ke rumah sakit baik pemerintah maupun swasta.

“Sedangkan yang belum terdeteksi kemungkinan masih cukup banyak sehingga wajar kalau arus modal kembali keluar dari pasar dalam negeri dan Imbasnya IHSG dan mata uang garuda terus tersungkur,” ucap Ibrahim.

Sedangkan berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (23/3) kurs rupiah berada pada posisi Rp16.608/ US$ atau terlihat terus melemah dari posisi Rp16.273/US$ pada perdagangan Jumat kemarin (20/3). (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Dukung Ekosistem Syariah, CIMB Niaga Kembali Gelar Haya Festival 2024

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) kembali menyelenggarakan… Read More

2 hours ago

Memahami Pelonggaran Kebijakan Moneter The Fed

Oleh Ryan Kiryanto, Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia MOMEN presentasi tiga… Read More

2 hours ago

BCA Digital Belum Ingin Keluarkan Produk Paylater: Kami Fokus Bantu Kelola Keuangan

Jakarta - Produk buy now pay later (BNPL) atau paylater mulai digandrungi oleh pelaku industri… Read More

2 hours ago

Bos BRI Kasih Bocoran Laba Bersih Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memproyeksikan laba bersih di kuartal III… Read More

2 hours ago

LPEI Dorong UMKM ‘Naik Kelas’ di TEI 2024, Berikut Daftarnya

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk ‘naik kelas’ dan… Read More

2 hours ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Terkoreksi Sebanyak 0,74 Persen

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Rabu, 9 Oktober 2024, ditutup… Read More

3 hours ago