Politic

Dua Sosok Ini Punya Kans jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Jakarta – Bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo hingga saat ini masih menjadi teka-teki. Meski demikian, sejumlah tokoh terus mencuat dan berpotensi besar untuk mendampingi Ganjar di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Seperti diketahui, PDIP sebelumnya telah menyebutkan sejumlah nama cawapres pendamping Ganjar. Mulai dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Tak hanya dari jajaran menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, PDIP juga sempat mengumbar nama cawapres dari partai politik (parpol) lain, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat.

Baca juga: PDIP Ungkap PPP Sodorkan Sandiaga jadi Cawapres Ganjar

Ridwan Kamil dan Andika Perkasa

Teranyar ada nama Ridwan Kamil dari Partai Golkar dan Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa. Keduanya digadang-gadang punya kans jadi cawapres Ganjar.

Sekretaris Jendral (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto sempat melontarkan nama Ridwan Kamil atau Kang Emil dalam acara peletakan batu pertama pembangunan patung Soekarno di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Dalam acara tersebut, Hasto membacakan pantun tentang prestasi Kang Emil dalam memimpin Jawa Barat yang diselipkan dengan peluangnya sebagai pendamping Ganjar.

“Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh daya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini,” kata Hasto dikutip Senin, 3 Juli 2023.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil merupakan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Sebelum menjabat sebagai gubernur, ia pernah duduk sebagai Wali Kota Bandung selama satu periode, 2013-2018.

Sementara, dalam kepengurusan partai Golkar, Kang Emil menjabat sebagai Wakil Ketua Umum.

Selanjutnya, sosok yang dinilai punya kans mendampingi Ganjar adalah Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Namanya mencuat ketika menghadiri acara Bulan Bung Karno PDIP di Gelora Bung Karno, akhir Juni lalu.

Menanggapi isu soal cawapres ini, Andika mengaku siap melaksanakan tugas. Dia pun tak akan pilih-pilih tugas yang diberikan kepadanya.

“Pokoknya saya itu benar-benar melaksanakan tugas saja. Saya apapun tugas yang diberikan, mau A, B, C atau apapun juga saya siap,” kata Andika beberapa waktu lalu.

Dia juga mengaku tak ada keingininan pribadi maju dalam kontestasi politik. Meski demikian, dia akan menjalankan tugas apapun yang diberikan kepadanya.

“Jadi benar-benar nggak ada keinginan (masuk kontestasi politik). Justru terbalik, apapun tugas yang diberikan kepada saya, saya siap,” tegas Andika.

Baca juga: Gubernur Khofifah Masuk Radar Cawapres Anies Baswedan

Sementara, Politisi PDIP Masinton Pasaribu menyebut ada peluang bagi Mantan Panglima TNI Jenderal Andika menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres).

Ia menyampaikan hal tersebut dalam merespons pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Puan menyebutkan bakal cawapres Ganjar berkemungkinan hadir di puncak acara Bulan Bung Karno.

“PDIP terbuka membahas cawapres dengan elemen lainnya baik parpol maupun di luar parpol,” ungkap Masinton. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago