Ekonomi dan Bisnis

Dua Dubes Kasih Wejangan UMKM agar Tembus Pasar Eropa dan Amerika

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak dua Duta Besar RI, yakni Sukmo Harsono dan Iwan Bogananta mengunjungi Pameran Apresiasi Karya Indonesia (AKI) di Denpasar.

Mereka memberikan masukan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengenai produk-produk yang dapat dipasarkan di Eropa dan Amerika.

Menurut Sandiaga, terdapat tiga hal utama yang dapat diambil dari produk-produk UMKM di AKI. Pertama, inovasi produk UMKM yang tidak kalah dengan produk luar negeri. Kedua, adaptasi pelaku UMKM terhadap produk ramah lingkungan. Ketiga, kolaborasi yang meningkatkan kualitas dan daya saing produk.

Baca juga: Di Depan 500 Pelaku UMKM Wanita Tabanan, OJK Ingatkan Hati-hati Bermain Medsos

“Saya ingin memastikan bahwa AKI 2024 akan menghasilkan UMKM yang siap untuk global. Dan semoga modal untuk UMKM bisa difasilitasi,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (24/6).

Ia menjelaskan bahwa target utama AKI adalah menaikkan kelas produk UMKM ke tingkat global, terlebih dengan banyaknya wisatawan asing yang datang. Sandiaga optimis dengan target belanja Rp1 juta per pengunjung, total transaksi bisa mencapai Rp5-10 miliar.

“Semua produk berkualitas dan siap untuk pasar global, semoga bisa mengangkat usaha dan membuka peluang kerja,” tambahnya.

Sandiaga berkomitmen untuk terus bergerak agar semua UMKM tidak tertinggal. Pada 2024, sekitar 7.000 UMKM mendaftar di AKI dan 400 UMKM terpilih untuk berpartisipasi, menjadikan total peserta selama empat tahun sebanyak 1.600 UMKM.

Baca juga: Jalin dan VJI Bersinergi Perkuat Infrastruktur Sistem Pembayaran UMKM Mitra Bukalapak

Adapun, Pameran AKI berlangsung di Mall Level 21 Denpasar, Bali, pada15-17 Juni 2024. Total terdapat 39 jenama peserta Pameran AKI Denpasar, yang terdiri dari bidang Kriya, Fesyen, Kuliner, Games, Musik dan Film.

Dalam setiap hari akhir Pameran AKI 2024 diumumkan 3 finalis di tiap kota yang akan mewakili untuk disertakan dalam Malam Puncak AKI 2024 di Jakarta.

Berikut daftar finalis di Pameran AKI 2024 Denpasar, dengan Juara 1 @tutunco, Juara 2: @trulynaturalorganic, Juara 3: @aeyraviolin_official. (*) Alfi Salima Puteri

Galih Pratama

Recent Posts

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

2 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

4 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

4 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

1 day ago