Categories: News UpdatePerbankan

DPR Desak OJK Segera Selesaikan Masalah Muamalat

Jakarta – Wakil Ketua Komisi XI DPR-RI Fathan Subchi menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan batas waktu atau deadline terhadap OJK untuk segera memutuskan solusi terbaik terkait permasalahan Bank Muamalat.

Menurutnya, penyelesaian kasus seperti ini tidak boleh dibiarkan belarut-larut karena pasti akan mengganggu sistem keuangan yang ada.

“Kita tidak akan membiarkan kasus ini berlarut-larut tanpa penyelesaian. Jadi memang kehati-hatian itu perlu, tapi jangan terlalu lama, karena ini dampaknya bisa sistemik kalau dibiarkan terus,” ujarnya, dalam diskusi yang digelar Infobank di Jakarta, Kamis, 21 November 2019.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan panggilan lanjutan terhadap OJK. “Kita DPR akan terus mengawal dan mengejar penyelesaian kasus ini ke OJK. Nanti kita akan lakukan panggilan kedua untuk OJK terkait kasus Muamalat ini,” terangnya.

Di tempat yang sama, Direktur Riset CORE Indonesia Peter Abdullah menambahkan, bahwa dirinya memahami langkah OJK yang tidak tergesa-gesa dalam mencari solusi untuk kasus Bank Muamalat.

“Bisa dipahami jika OJK terkesan prudent dalam mengambil langkah solusi untuk penyelesaian kasus Muamalat. Kita pun juga jangan memakai cara berupa paksaan untuk memaksa OJK memutuskan solusi terbaik buat Bank Muamalat. Yang terpenting OJK harus mau transparan terkait apa yang diinginkan dalam proses penyelesaian kasus Bank Muamalat ini,” katanya. (*) Steven

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Pinhome Buka Jalan di Pasar Properti IKN, Berikut Sasarannya

Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi salah satu pusat perhatian. Pembangunan yang terus… Read More

5 hours ago

Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

Jakarta - Tren penurunan suku bunga yang terjadi akhir-akhir ini disambut baik oleh berbagai kalangan,… Read More

5 hours ago

Moratorium Fintech Lending Belum Dibuka, Begini Tanggapan AFTECH

Jakarta - Sejak awal 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penutupan perizinan untuk… Read More

5 hours ago

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

8 hours ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

8 hours ago

Jokowi: Hilirisasi dan Digitalisasi jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sikap optimisme diperlukan dalam rangka mencapai target peningkatan… Read More

8 hours ago