Perbankan

Dorong Keuangan Berkelanjutan, Standard Chartered Targetkan Funding USD300 Miliar

Jakarta – Standard Chartered Bank menargetkan untuk memobilisasi dana atau funding senilai USD300 miliar pada periode 2021 hingga 2030 untuk keuangan berkelanjutan.

Adapun, Standard Chartered berkomitmen untuk mencapai emisi karbon nol bersih dari segi operasionalnya pada tahun 2025 dan dari sisi pendanaan pada tahun 2050, dengan target sementara untuk mengurangi emisi yang dibiayai di sektor-sektor yang paling banyak menghasilkan karbon pada tahun 2030.

“Kami adalah bagian dari Glasgow Financial Alliance for Net Zero (GFANZ), sebuah program ambisius untuk menghasilkan komitmen, keterlibatan, investasi, serta penyelarasan yang diperlukan untuk mendorong transisi menuju net zero. Standard Chartered juga memimpin Net Zero Banking Alliance, yang merupakan fungsi perbankan dari GFANZ,” ujar Vice Chairman, ASEAN, Standard Chartered, Rino Donosepoetro dalam panel diskusi Standard Charteres Bank, dikutip, Kamis, 7 September 2023.

Baca juga: Urgensi Aturan Bursa Karbon dalam Ekonomi Hijau

Di kawasan ASEAN, Standard Chartered telah membantu para kliennya melaksanakan jaminan bank ramah lingkungan, fasilitas pembiayaan perdagangan ramah lingkungan, dan mendukung penerbitan obligasi keberlanjutan pemerintah.

Standard Chartered telah berkontribusi dalam pembiayaan hijau di ASEAN. Diantaranya, di Indonesia yaitu pinjaman berjangka sebesar USD112 juta untuk membiayai bersama pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Fotovoltaik Terapung Cirata.

Selanjutnya, di Indonesia dengan Mitra Bisnis Keluarga Ventura (MBK) sebuah lembaga keuangan mikro yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia, untuk pelaksanaan pinjaman sebesar Rp280 miliar atau USD18,6 juta.

Kemudian, Vietnam dalam Phu Yen Solar Power Plant Project yang merupakan perusahaan energi terbarukan melalui struktur pinjaman ADB sebesar USD186 juta. 

“Standard Chartered merupakan bank internasional pertama yang menyusun transaksi energi terbarukan berskala besar di sektor yang sedang berkembang di Vietnam,” katanya.

Singapore dalam Climate Impact X (CIX), yaitu mendukung pengembangan carbon market dan merupakan pemegang saham CIX, sebuah platform pertukaran karbon global yang memungkinkan peserta untuk membeli dan menjual kredit karbon. CIX merupakan salah satu pelopor kosep ini di ASEAN

“Dan masih di Singapore di Vista Shipping (Hafnia & CSSC Shipping Hong Kong JV). Kami ditunjuk untuk memimpin pinjaman sustainability-linked senilai USD89,6 juta untuk sepasang kapal berbahan bakar ganda LNG pertama milik Vista Shipping, yang emisinya lebih rendah dibandingkan armada bahan bakar bunker tradisional,” ungkapnya.

Baca juga: Ekonomi Hijau Butuh Aksi, Bukan Jargon!

Di Australia untuk Melbourne’s Frankston Hospital dalam mendukung pembangunan dan renovasi Rumah Sakit Frankston di Melbourne senilai AUD1,1 miliar, yang memperoleh sertifikasi bangunan ramah lingkungan.

Terakhir, Malaysia di Etika Group of Companies (Etika) dengan meluncurkan transaksi derivatif terkait ESG senilai USD60 juta dengan Etika Group of Companies. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

28 mins ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

37 mins ago

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

3 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

16 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

16 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

16 hours ago