News Update

Dorong Kepastian Hukum Tanah di Latimojong, MDA Gandeng Badan Bank Tanah

Jakarta – PT Masmindo Dwi Area (MDA) memperkuat komitmen untuk menuntaskan pembebasan lahan yang menjadi tantangan utama kegiatan operasionalnya.

MDA sendiri menggandeng Badan Bank Tanah (BTT) untuk memberikan kepastian hukum, kelancaran investasi, dan berkontribusi bagi masyarakat daerah dan perekonomian nasional.

MDA melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Bank Tanah (BBT) di Jakarta, pada 23 September 2024.

Kerja sama ini bertujuan untuk mengatasi isu kepemilikan lahan di area konsesi MDA di Desa Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sekaligus memberikan kepastian hukum dan jaminan investasi di masa depan.

Parman Nataatmadja, Kepala Bank Tanah Parman Nataatmadja mengungkapkan, BTT mengapresiasi kepercayaan yang diberikan MDA kepada Badan Bank Tanah terkait pengelolaan hak atas lahan yang berada di bawah Hak Pengelolaan (HPL) Bank Tanah.

Baca juga : OJK Terbitkan POJK Terkait Status Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Bank Umum

Bank Tanah memang berperan sebagai lembaga pemerintah yang memberikan solusi untuk kepastian hukum atas tanah-tanah yang akan dimanfaatkan, baik untuk investor maupun masyarakat, termasuk perusahaan pertambangan.

“Untuk MDA, nantinya baik pada saat operasi tambang maupun setelahnya, akan ada perjanjian pemanfaatan tanah yang jelas dan terjamin,” tuturnya dalam keterangan resmi, Kamis, 26 September 2024.

Adapun, di tengah tantangan operasional yang dihadapi sekarang ini, MDA tetap berkomitmen penuh untuk memastikan setiap proses pembebasan lahan berjalan sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku.

Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area Trisakti Simorangkir menegaskan, kerja sama dengan Badan Bank Tanah penting artinya dalam menciptakan perlindungan hukum bagi perusahaan dan masyarakat sekitar.

Baca juga : Berdayakan Petani, Bank Mandiri Hadirkan Fasilitas Pengolahan Beras

“Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bank Tanah. Kepastian hukum ini sangat penting, tidak hanya untuk perlindungan investasi perusahaan, tetapi juga untuk menciptakan stabilitas bagi masyarakat sekitar area tambang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Parman menambahkan bahwa dengan luasan lahan yang telah dipercayakan kepada Badan Bank Tanah, sebagaimana tertuang dalam MoU, pihaknya akan memastikan pengelolaan dan perlindungan yang baik terhadap lahan tersebut.

“Dengan adanya MoU ini, kami ingin memastikan bahwa tidak ada lagi klaim-klaim ilegal dari masyarakat. Sosialisasi mengenai hal ini akan segera dilakukan bersama-sama oleh BBT dan MDA,” pungkasnya.

MDA menyakini, kolaborasi dengan BTT ini akan mengakselerasi investasi di sektor pertambangan dan memberikan kontribusi yang lebih optimal bagi perekonomian daerah maupun nasional. (*) Ari Astriawan

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

RUPSLB Maybank Indonesia, Setujui Pengangkatan Anggota Baru Dewan Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah

Suasana saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Maybank Indonesia di Kantor Pusat Maybank… Read More

23 mins ago

Bank Mandiri Ungkap Dampak Pemangkasan BI Rate ke Segmen Wholesale

Jakarta – Bank Mandiri menyebut keputusan Bank Indonesia (BI) menurunkan BI Rate di level 6 persen akan… Read More

24 mins ago

Bank Mandiri Optimalkan Penyaluran FLPP bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Jakarta - Bank Mandiri terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pemenuhan kebutuhan hunian masyarakat melalui penyaluran… Read More

30 mins ago

BI-Bank Negara Malaysia Perbarui Perjanjian Swap Bilateral Mata Uang Lokal

Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) sepakat memperbarui perjanjian swap bilateral dalam mata… Read More

58 mins ago

Dul Jaelani hingga Vina Panduwinata, Siap Hentak Panggung Jazz Gunung Burangrang 2024

Jakarta – Perhelatan jazz gunung series kembali melanjutkan pengalaman menikmati musik jazz di tengah sejuknya… Read More

1 hour ago

Buah Manis Transformasi Perusahaan, Nilai Aset PLN Tembus Rp1.691 Triliun

Jakarta- PT PLN (Persero) terus mengalami peningkatan nilai aset setelah memetik buah manis dalam menjalankan… Read More

2 hours ago