Moneter dan Fiskal

Doni P Joewono Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Deputi Gubernur BI

Jakarta – Doni P. Joewono terpilih menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020-2025 menggantikan posisi Erwin Rijanto yang masa jabatannya berakhir pada 17 Juni 2020.

Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Komisi 11 DPR RI Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno ketika dihubungi oleh infobanknews.

“Doni P. Joewono (terpilih). Dililih secara aklamasi musyawarah dan mufakat,” kata Hendrawan melaui pesan singkat kepada infobanknews di Jakarta, Senin 13 Juli 2020.

Doni sendiri telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang diselenggarakan oleh Komisi XI DPR RI pada Rabu lalu (8/7). Dimana dalam paparannya Doni membawa visi misi untuk mewujudkan perekonomian Indonesia yang tumbuh tinggi, berdaya tahan, dan inklusif melalui penetapan dan pengimplementasian kebijakan yang efektif, sinergis, dan istiqomah, menuju Indonesia maju.

Doni yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia lahir pada tahun 1965 di Surabaya. Dirinya tercatat menempuh pendidikan Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tahun 1988, Doni melanjutkan pendidikan pasca sarjana di Universitas Indonesia jurusan Administrasi pada tahun 2004.

Doni memulai karirnya di Bank Indonesia sebagai analis di Departemen Pengelolaan Moneter pada tahun 1991 dan melanjutkan karir di bidang statistik. Pada tahun 2005-2008 Doni diberikan kesempatan untuk menjadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London, dan kembali bertugas di Jakarta di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Doni pada awal karirnya banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan terbitnya obligasi Pemerintah, membangun sistem pelaporan Lalu Lintas Devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Rakornas TPID. Dalam karirnya di daerah bersama Kepala Daerah mendapat penghargaan sebagai TPID terbaik di Solo tahun 2012 dan DKI Jakarta tahun 2017.

Saat ini Doni menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia, setelah sebelumnya dipercaya oleh Gubernur Bank Indonesia tiga kali memimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Solo, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

CSIS Blak-blakan Arah Kebijakan Kredit Perbankan di Bawah Prabowo

Jakarta - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia memperkirakan Presiden Indonesia ke-8, Prabowo… Read More

56 mins ago

IHSG Sesi I Ditutup Turun 0,14 Persen, Seluruh Sektor Melemah

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini, Jumat, 25… Read More

4 hours ago

Kredit Tumbuh 8,21 Persen, Bank Kalteng Raup Laba Rp286,56 Miliar di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah atua Bank Kalteng mencatat pertumbuhan kinerja yang… Read More

4 hours ago

Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, CIMB Niaga Adakan Workshop Literasi Keuangan

Bogor - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengajak puluhan jurnalis dari 17 kota di… Read More

5 hours ago

Bank Permata (BNLI) Cetak Laba Rp2,8 Triliun, Ini Penopangnya

Jakarta – PT Bank Permata Tbk (Permata Bank/BNLI) mencetak laba bersih sebesar Rp2,8 triliun pada kuartal… Read More

5 hours ago

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berbalik Dibuka Naik ke Level 7.731

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 25 Oktober 2024, indeks… Read More

6 hours ago