Moneter dan Fiskal

DJKN Pecah Rekor Tertinggi Lelang, Aset Jiwasraya Laku Rp1,9 Triliun

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat nilai pokok lelang sepanjang tahun 2023 sebesar Rp44,34 triliun. Capaian ini merupakan yang paling tertinggi dalam sejarah penyelenggaraan lelang di Indonesia.

Direktur Lelang DJKN Kemenkeu, Joko Prihanto mengungkapkan, salah satu nilai lelang yang yang paling tertinggi yakni lelang aset kasus PT Asuransi Jiwasraya.

“(Lelang) besar ada kasus Jiwasraya, ada penyitaan saham tambang batu bara di Kalimantan Timur Rp1,9 triliun lakunya. Itu permohonan dari Kejaksaan Agung,” kata Joko dalam Media Briefing DJKN, Kamis 25 Januari 2024.

Baca juga: Akhir Perjalanan Panjang Jiwasraya

Selain itu, lelang terbesar lainnya yaitu aset kebun dan pabrik sawit di Pekanbaru, Riau, yang menghasilkan pokok lelang Rp1,9 triliun. Lelang tersebut dilaksanakan pada 27 Desember 2023.

Joko mengatakan, bahwa dua lelang tersebut memberikan kontribusi terbesar terhadap penerimaan lelang di tahun 2023 dengan total sekitar Rp3,8 triliun sendiri.

Secara keseluruhan, di tahun 2023 DJKN mencatat hasil lelang sebesar Rp44,3 triliun. Angka tersebut melebihi dari target lelang 2023 sebesar Rp33 triliun. Dari pokok lelang, yang masuk ke kas negara Rp4,58 triliun.

Adapun, nilai transaksi lelang tersebut sebagian besar berasal dari pelaksanaan lelang sukarela termasuk yang digelar oleh Pejabat Lelang Kelas II mencapai 42 persen, disusul dari pelaksanaan lelang Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan (UUHT), lelang barang rampasan atau sitaan Kejaksaan, lelang harta pailit, dan lelang lainnya.

Baca juga: OJK: Asuransi Jiwasraya Masih Beroperasi dan Belum Bisa Dibubarkan, Ternyata Ini Masalahnya

Dari nominal tersebut yang masuk ke kas negara itu, terdiri dari Rp4,36 triliun tercatat sebagai penerimaan negara dari hasil bersih lelang Rp3,06 triliun, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lelang Rp 974 miliar, dan penerimaan pajak Rp330 miliar. Sedangkan Rp220 miliar berupa pajak daerah, yang tercatat sebagai pendapatan asli daerah. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 hour ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

2 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

2 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

2 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

3 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

4 hours ago