Ditengah Tahun Politik, Indonesia Masih Menjadi Primadona Investor

Jakarta- Bank Indonesia (BI) optimis pada tahun politik saat ini Indonesia masih sangat menarik bagi para investor luar negeri maupun luar negeri.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo mengungkapkan, Indonesia masih menjadi salah satu negara pilihan terbaik untuk investasi.

“Berdasarkan survei United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) pada Juni 2017, Indonesia menempati urutan keempat negara yang dianggap prospektif untuk melakukan investasi setelah Amerika Serikat, China dan India Hal ini disebabkan Ekonomi Indonesia berdiri di atas pondasi yang kokoh,” ungkap Agus dalam paparannya di acara Mandiri Investment Forum 2018 di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu 7 Februari 2018.

Agus juga menyambut baik hasil asesmen International Monetary Fund (IMF) yang dimuat dalam Laporan Konsultasi Artikel IV untuk Indonesia 2017. Dirinya berharap masukan dari IMF tersebut dapat dilaksanakan oleh pemerintah.

“Kita lihat mereka pun sudah bisa memberikan endorsement bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,3%. Jadi saya melihat secara umum reformasi yang dilakukan oleh pemerintah, fiskal, dan Bank Indonesia dihargai di forum itu,” tambah Agus.

Selain itu, masih terjaganya kondisi moneter dan stabilitas ekonomi nasional juga dinilai menambah kepercayaan investor terhadap Indonesia. Kondisi tersebut tercermin dari Inflasi terkendali dikisaran 3,5±1%.

Sementara beberapa lembaga juga sangat optimis terhadap ekonomi Indonesia dimana banyak yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2018 diangka kisaran 5,1% hingga 5,5% dengan didukung pertumbuhan kredit yang diharapkan dapat mencapai 10% hingga 12%.

Suheriadi

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

1 hour ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

2 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

15 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

16 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

16 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

16 hours ago