Dirut BTN Haru Koesmahargyo Sabet Infobank Bankers of The Year 2022

Dirut BTN Haru Koesmahargyo Sabet Infobank Bankers of The Year 2022

Dirut BTN Haru Koesmahargyo Sabet Infobank Bankers of The Year 2022
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Haru Koesmahargyo selaku Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) sukses membawa pulang penghargaan Bankers of The Year 2022 versi Majalah Infobank. Sesi penghargaan Bankers of The Year yang adalah bagian dari acara Infobank Top 100 CEO & The Next Leaders Forum 2022 ini merupakan hasil kolaborasi antara Infobank Media Group bersama Ikatan Bankir Indonesia (IBI). Acara yang diadakan di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Rabu, 23 November 2022 ini mengangkat tema “The Secrets of Effective Leadership in a Crisis”. 

Haru yang menjabat sebagai Direktur Utama BTN sejak Maret 2021 ini benar-benar menunjukkan kualitas kepemimpinannya terhadap BTN. Kepemimpinan pria jebolan Universitas Brawijaya dan Emory University, Atlanta, Amerika Serikat tersebut mampu mendongkrak kinerja BTN. Tahun lalu, bank yang mendapat julukan raja KPR itu mencetak pertumbuhan solid, dimana labanya tercatat sebesar Rp2,37 triliun. Kinerja positif itu kemudian berlanjut sampai saat ini. 

BTN berhasil mengantongi laba Rp1,47 triliun per semester pertama 2022, melesat 60% secara tahunan. Pertumbuhan laba pada semester pertama 2022 itu sekaligus memecahkan rekor laba terbesar di semester pertama sejak BTN berdiri. Capaian gemilang ini tentunya tak bisa dilepaskan dari sejumlah strategi yang diterapkan di bawah kepemimpinan Haru. 

Dirinya melakukan transformasi kepada institusi yang dipimpinnya. Ia berhasil memperkuat positioning BTN di pasar KPR. BTN juga berhasil mengembangkan digital mortgage ecosystem melalui super-apps. Transformasi digital memang menjadi salah satu fokus kepemimpinan mantan Direktur Keuangan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini. Di lain sisi, BTN juga terus berupaya meningkatkan porsi dana murahnya, yang mana menjadi salah satu strategi dalam memperkuat fundamental dan kinerja korporasi.

Selain Haru Koesmahargyo selaku dirut, ada pula nama Setiyo Wibowo selaku Direktur Risk Management BTN dan Benny Yoslim selaku SEVP Wholesale Banking BTN yang menerima penganugerahan Infobank Top 200 Next Leaders 2022.   

Sebagai informasi, Infobank Top 100 CEO 2022 adalah 100 pemimpin perusahaan terpilih dari lima sektor industri, yakni perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan BUMN. Adapun sejumlah kriteria yang menentukan para CEO masuk dalam jajaran Top 100 CEO 2022 versi Infobank ini, yaitu kinerja perusahaan yang dipimpin berdasarkan hasil rating sektoral dan predikat kinerja “sangat bagus” versi Infobank tahun 2022.

Kemudian, size dari perusahaan yang dipimpin CEO tersebut. Faktor pencapaian dan prestasi tertentu dari CEO terpilih juga turut menentukan gelar ini. Kriteria lainnya adalah pengalaman, ketokohan, dan kontribusi CEO terpilih bagi industrinya. Dan yang terakhir tentunya pertimbangan Dewan Redaksi Infobank yang turut menjadi penentu. Figur-figur CEO terpilih ini diklasifikasikan kembali hingga menghasilkan 19 CEO terbaik yang terdiri dari 10 CEO of the Year 2022 dari lima kelompok usaha tadi, dan 9 Bankers of the Year 2022 khusus untuk kelompok Bankir.

Sedangkan The Next Top 200 Leaders adalah laporan khusus kumpulan leader yang saat ini bertugas sebagai Direksi di perusahaanya masing-masing dan juga Senior Executive Vice President (SEVP) di bank milik negara. Kelompok perusahaan yang dilibatkan dalam laporan ini adalah perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan BUMN. Sama halnya dengan Top 100 CEO, laporan The Next Top 200 Leaders ini pun juga didasari oleh beberapa kriteria. Kriteria pertama yang paling mendasar yakni berusia di bawah 50 tahun sebagai tanda sektor keuangan dan BUMN Indonesia memiliki benih-benih pemimpin muda. Leader-leader terpilih ini juga merupakan Direksi dan SEVP aktif di perusahaannya masing-masing. Selain itu, leader-leader pilihan Infobank ini adalah yang terbaik karena telah dinilai berkontribusi bagi perusahaan dalam berkinerja baik sesuai rating Infobank, berpengalaman, berprestasi, dan tentunya juga merupakan hasil pertimbangan Dewan Redaksi Infobank. (*) Steven Widjaja

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]