Dirut BNC Tjandra Gunawan Raih Bankers of the Year 2022

Dirut BNC Tjandra Gunawan Raih Bankers of the Year 2022

Dirut BNC Tjandra Gunawan Raih Bankers of the Year 2022
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Tjandra Gunawan, Direktur Utama Bank Neo Commerce (BNC) berhasil meraih penghargaan Bankers of the Year 2022 dalam Forum Infobank Top 100 CEO and The Next Leader Forum yang diselenggarakan oleh Majalah Infobank, secara hybrid, di Ballroom Hotel Pullman Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Penghargaan ini berhasil diraih Tjandra karena ia menjadi sosok leader yang tangguh untuk membawa bank pimpinannya berkinerja baik di tengah kondisi perekonomian global yang penuh dengan ketidakpastian saat ini.

“Saya pribadi mengganggap penghargaan ini sebagai pemacu semangat serta bahan bakar BNC lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang. Saya juga masih perlu banyak belajar dari para senior di industri perbankan tanah air,” kata Tjandra, dalam sambutannya melalui zoom, Rabu, 23 November 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Tjandra juga turut mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada tim Infobank, tim BNC, dan keluarga serta anak-anaknya. Menurutnya, tanpa pengertian keluarga, Ayah dari dua anak perempuan ini, tidak bisa berada di posisi seperti sekarang.

Jika melihat latar belakangnya, Tjandra adalah sosok dibalik transformasi Bank Yudha Bhakti yang kini telah berubah nama menjadi BNC. Pria kelahiran Jakarta, 9 Februari 1973 ini berani mengambil tantangan untuk merubah bank konvensional menjadi bank digital dengan menjadi dirut BNC pada April 2020.

“Saya lihat bank ini butuh saya, butuh orang-orang yang mau tangannya tidak keberatan untuk membangun bank. Jadi saya tidak berpikir, oh itu bukan pekerjaan saya, itu pekerjaannya orang bisnis atau operasional. Tetapi, saya lebih memilih bertanya, apa yang bisa saya bantu,” katanya.

Di bawah kepemimpinannya, BNC telah melakukan sejumlah langkah transformasi, seperti meluncurkan aplikasi bank digital bernama Neobank. Tjandra juga berhasil membawa BNC naik kelas ke bank BUKU 2. Bagi Tjandra, kunci suksesnya adalah berdoa, kerja keras, tentukan Key Performance Indicator (KPI), target dan milestone yang jelas sedari awal, tidak hitung-hitungan dalam bekerja, dan utamakan integritas.

Sebagai informasi, Infobank Top 100 CEO 2022 adalah 100 pemimpin perusahaan terpilih dari lima sektor industri, yakni perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan BUMN. Adapun sejumlah kriteria yang menentukan para CEO masuk dalam jajaran Top 100 CEO 2022 versi Infobank ini, yaitu kinerja perusahaan yang dipimpin berdasarkan hasil rating sektoral dan predikat kinerja “sangat bagus” versi Infobank tahun 2022. Kemudian size dari perusahaan yang dipimpin CEO tersebut. Faktor pencapaian dan prestasi tertentu dari CEO terpilih juga turut menentukan gelar ini.

Kriteria lainnya adalah pengalaman, ketokohan, dan kontribusi CEO terpilih bagi industrinya. Dan yang terakhir tentunya pertimbangan Dewan Redaksi Infobank yang turut menjadi penentu. Figur-figur CEO terpilih ini diklasifikasikan kembali hingga menghasilkan 19 CEO terbaik yang terdiri dari 10 CEO of the Year 2022 dari lima kelompok usaha dan 9 Bankers of the Year 2022 khusus untuk kelompok Bankir.

Sementara itu, Eko B. Supriyanto, Ketua Dewan Redaksi Infobank menyebut sektor keuangan perlu waspada dalam menyikapi gejolak perekonomian yang terjadi saat ini. Normalisasi kebijakan bank-bank sentral dunia dan berbagai stimulus moneter termasuk peningkatan suku bunga telah memaksa industri melakukan pengetatan likuiditas. BUMN pun perlu mengatur langkah jitu agar tetap dapat menjalankan perannya sebagai lokomotif ekonomi nasional.

“Di samping seluruh tantangan ini, sosok-sosok pemimpin handal, inovatif, berdedikasi, dan berdaya juang tinggi adalah faktor penting lain yang menjadi pilar penopang ketahanan usaha dalam menghadapi masa yang diwarnai ketidakpastian saat ini,” ujarnya, Rabu, 23 November 2022. (*) Ayu Utami

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]