News Update

Dipimpin Muliaman, OJK Telurkan 202 Peraturan Jasa Keuangan

Jakarta – Sepak terjang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama lima tahun cukup mentereng dalam mengeluarkan kebijakan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman D Hadad mengungkapkan jika selama masa kepemimpinannya sudah ada sebanyak 202 peraturan jasa keuangan yang telah diterbitkan.

Selain 202 peraturan, selama OJK berdiri juga ada 159 surat edaran. lalu, ada tiga peraturan OJK (POJK) yang merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (UU PPKSK).

“Sejak tahun 2013 kami telah menerbitkan 202 peraturan jasa keuangan, 159 surat edaran termasuk dua peraturan OJK yang tentang tax amnesty, serta kemudian tiga POJK sebagai tindak lanjut dari UU PPKSK,” ujarnya dalam malam apresiasi pelaku jasa keuangan kepada DK OJK periode 2012-2017, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2017.

Bahkan lanjutnya, bersama dengan DK OJK yang lainnya Ia juga telah menerbtikan master plan jasa keuangan Indonesia yang bisa menjadi acuan pengembangan sektor jasa keuangan lima tahun ke depan.

“Master plan ini terdiri dari lima pilar, yatu mengoptimalkan peran jasa keuangan yang telah mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, mejaga stabilitas sistem keuangan sebagai landasan dari pembangunan yang berkelanjutan dan yang terakhir mewujudkan kemandirian finansial masyarakat serta mendukung upaya pemerataan pembangunan,” terangnya.

Selain itu, DK OJK pada masa jabatan 2012-2017 ini juga telah menerbitkan roadmap sektor jasa keuangan syariah yang akan mengintegrasikan arah pengembangan sektor jasa keuangan syariah di tiga sektor yaitu perbankan, pasar modal dan industri bukan bank.

“Serta selanjutnya di bidang pengawasan, pengawasan berbasisi resiko diperkenalkan di seluruh sektor khususnya tentu saja kami perkenalkan di bank, IKNB dan pasar modal,” tukasnya. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Airlangga Cerita Soal Retreat di Magelang, Bahas PPN Naik 12 Persen?

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Ailrangga Hartarto bercerita soal wejangan dari Presiden Prabowo Subianto usai pelaksanaan… Read More

9 hours ago

Wamenkeu Anggito Bakal Gali Pajak dari Underground Economy

Jakarta – Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu berencana akan mendorong pendapatan negara melalui pajak dari aktivitas ekonomi… Read More

9 hours ago

DANA Hadirkan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM, Begini Caranya

Jakarta – Pelbagai cara dilakukan dompet digital, DANA dalam meningkatkan kapabilitas untuk menjangkau pengguna di… Read More

9 hours ago

BUMA Raih Perpanjangan Kontrak Rp107,8 Triliun dari Bayan Group

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) sebagai anak usaha utama dari PT Delta… Read More

11 hours ago

KB Bank Terbitkan Obligasi Global Perdana 300 Juta Dolar AS

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (BBKP) telah resmi menyelesaikan penentuan harga… Read More

12 hours ago

BI Tekankan Keleluasaan Kebijakan Hadapi Ketidakpastian Global

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menegaskan perlunya kebijakan dan langkah yang konsisten dalam menghadapi ketidakpastian… Read More

13 hours ago