Dipanggil ke Istana Kartika Calon Kuat Pendamping Erick Thohir

Dipanggil ke Istana Kartika Calon Kuat Pendamping Erick Thohir

Jakarta – Kartika Wirjoatmodjo digadang-gadang menjadi calon kuat untuk menjadi wakil menteri (wamen) BUMN mendampingi Erick Thohir dalam periode jabatan 2019-2024.

Kedatangan Direktur Utama Bank Mandiri ke Istana Negara pada pagi hari ini semakin menguatkan kabar tersebut.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir di kantornya (23/10) menyebut dirinya memerlukan posisi wamen guna lebih meningkatkan kinerja, terlebih jumlah BUMN yang begitu besar.

“Ya kalau 142 (BUMN) bisa dua bisa tiga, bahkan Pak Presiden bilang kalau perlu lima [wamen] ya dikasih. Tapi kan kita lihat lah, kan di sini ada juga Pak Sesmen [sekretaris menteri], deputi, udah ada tugasnya,” kata Erick di Gedung Kementerian BUMN, usai sertijab pada Rabu 23 Oktober 2019.

Selain menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika yang lebih akrab dipanggil Tiko merupakan bankir dengan karakter dan kepemimpinan yang kuat sehingga juga dipercaya menjadi ketua PERBANAS.

Karakter Tiko yang berani mengambil keputusan dengan cepat juga sudah terbukti ketika dia menjabat sebagai Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada tahun 2014.

Dalam perjalanannya, sebelum menjadi Direktur Utama Bank Mandiri dan Kepala Eksekutif LPS, Tiko pernah menjadi Direktur Utama Indonesia Infrastructure Finance, Managing Director Mandiri Sekuritas, Senior Vice President dan Group Head Strategy and Performance Bank Mandiri.

Selain itu, Alumni Universitas Indonesia (UI) ini pernah menjadi Konsultan di Boston Consulting Group dan Penasihat PriceWaterhouse Cooper. Kartika lahir di Surabaya pada 18 Juli 1973 dan meraih gelar Master of Business Administration (MBA) dari Rotterdam School of Management. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News