Pasar Modal

Dinilai Mampu Hadapi Fluktuasi Pasar, Produk Reksa Dana Ini Bisa jadi Pilihan

Jakarta – Salah satu produk reksa dana syariah PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW), yakni Reksa Dana Saham Bahana Icon Syariah Kelas G mampu mencatatkan kinerja historis yang positif dalam jangka waktu tiga tahun terakhir.

Hal itu tecermin dari kinerja produk Reksa Dana Saham Bahana Icon Syariah Kelas G yang mencapai 9,70 persen hingga September 2024 ytd, sementara dalam tiga tahun terakhir berhasil membukukan angka 17,72 persen.

Kinerja yang cukup kompetitif dan berlandaskan prinsip-prinsip Syariah ini menggambarkan pengelolaan yang berhati-hati dan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi investor di tengah tantangan pasar yang dinamis.

Baca juga: BNI Asset Management Gandeng Bank BTPN Perluas Jaringan Distribusi Reksa Dana

Sejak diluncurkan pada 2015, Bahana Icon Syariah Kelas G tetap berkomitmen untuk menyediakan investasi yang transparan dan berkelanjutan, dengan alokasi yang cermat pada saham-saham sektor infrastruktur, barang konsumen, dan energi, produk ini terus menjadi strategi andalan Bahana TCW untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang melalui instrumen syariah.

Direktur Investasi Bahana TCW, Doni Firdaus, mengatakan bahwa, dengan strategi diversifikasi yang berimbang ini dapat menjadi kunci penting dalam mempertahankan kinerja positif produk di berbagai kondisi pasar.

“Kami mengedepankan prinsip diversifikasi yang seimbang di berbagai sektor untuk mendukung stabilitas investasi. Dengan turnover yang rendah, kami dapat mengurangi biaya transaksi dan lebih fokus pada strategi jangka panjang,” ucap Doni dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2024.

Baca juga: Gandeng MAMI, Bank Mega Syariah Tawarkan 6 Reksa Dana Syariah

Prospek menjanjikan

Lalu, memasuki kuartal IV-2024, proyeksi kinerja reksa dana tersebut diperkirakan akan semakin menguat, seiring dengan potensi penurunan suku bunga yang diharapkan menjadi katalis positif bagi pertumbuhan pasar saham syariah. Hal ini menunjukkan bahwa produk tersebut tidak hanya berhasil mempertahankan kinerja yang baik, tetapi juga memiliki prospek yang menjanjikan ke depannya.

Doni menambahkan, berdasarkan data Bahana TCW, proyeksi pasar saham syariah di kuartal IV-2024 diperkirakan akan lebih baik, dengan ekspektasi penurunan suku bunga sebagai salah satu pendorong utama. Penurunan ini diyakini akan merangsang pertumbuhan ekonomi dengan biaya pinjaman yang lebih rendah yang pada gilirannya dapat meningkatkan permintaan dan mempermudah perusahaan untuk berekspansi.

“Hal ini berpotensi memperbaiki prospek keuntungan emiten, yang akan berdampak positif pada kinerja reksa dana saham syariah. Optimisme terhadap pemulihan ekonomi domestik masih cukup tinggi, terutama dengan adanya dukungan pemerintah pada sektor-sektor strategis seperti infrastruktur dan konsumsi yang menjadi fokus utama Bahana Icon Syariah Kelas G,” imbuhnya.

Adapun kinerja produk ini juga akan dipengaruhi oleh kebijakan makroekonomi pada 2025, seperti arah kebijakan suku bunga dan inflasi. Ekspektasi bahwa inflasi semakin terkendali dan suku bunga tetap berada pada level yang rendah, akan menjadi peluang besar bagi Bahana Icon Syariah Kelas G untuk terus memberikan imbal hasil yang kompetitif pada waktu mendatang. (*)

Editor: Yulian Saputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Meski Mirip, Ini Perbedaan Produk Investasi ETF dan Reksa Dana

Jakarta - Dalam dunia investasi terdapat beberapa pilihan instrumen yang dapat dipilih oleh para investor… Read More

42 mins ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Turun ke Level 7.480

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (10/10) kembali ditutup merosot ke… Read More

49 mins ago

Ketua Umum AAUI Beberkan Penyebab Rendahnya Penetrasi Asuransi

Bali - Industri asuransi di Indonesia secara konsisten menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Di… Read More

1 hour ago

Kelolaan Aset Wealth Management BRI Capai Rp239,6 Triliun per Agustus 2024

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui bisnis Wealth Management berhasil membukukan aset yang dikelola… Read More

1 hour ago

BCA Buka Kantor Cabang Pembantu Kas Mayang di Jambi

Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) secara resmi membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP)… Read More

1 hour ago

Bank Dunia Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen di 2025

Jakarta – Bank Dunia atau World Bank mengungkapkan, di antara negara-negara besar di kawasan Asia… Read More

1 hour ago