Ekonomi dan Bisnis

Diisukan jadi Cawapres, Perusahaan Milik Sandiaga Ini Merugi Rp4,39 Triliun

Jakarta – Sandiaga Salahuddin Uno diisukan masuk senagai daftar calon wakil presiden 2024. Pria yang akrab disapa Sandi Uno ini diketahui sebagai salah satu pemegang saham di PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.

Namun demikian, perusahaan yang dimilikinya tersebut mencatakan kinerja yang kurang baik. Emiten berkode sandi SRTG ini mencatat kerugian hingga Rp4,4 triliun di kuartal I-2023 dibanding tahun sebelumnya yang masih membukukan laba Rp3,57 triliun.

Direktur Investasi SRTG, Devin Wirawan, mengungkapkan bahwa, penyebab dari adanya kerugian tersebut, dipicu oleh portofolio dari perusahaan SRTG yang terpengaruh dari volatilitas ekonomi global.

“Itu (kerugian) termasuk pengaruh market dari portofolio perusahaan Saratoga. Sekitar 85% investasi Saratoga masih dikontribusikan oleh tiga perusahaan blue chip,” ucap Devin dalam Public Expose di Jakarta, 15 Mei 2023.

Diketahui, ke-3 perusahaan blue chip tersebut diantaranya adalah Tower Bersama, Merdeka Copper, dan Adaro, dimana kinerja Merdeka Copper dan Adaro yang bergerak di sektor natural resources mengalami gejolak harga komoditas sebagai faktor eksternal.

Di samping itu, penyusunan kinerja yang dialami SRTG di kuartal I-2023, dipengaruhi oleh keuntungan neto atas investasi pada saham dan efek ekuitas lainnya yang anjlok hingga Rp5,1 triliun dari tahun sebelumnya yang untung Rp3,8 triliun.

Kemudian, beban usaha Saratoga di tiga bulan pertama 2023 tersebut juga turut meningkat menjadi Rp6,03 miliar dari periode sebelumnya yang tercatat Rp52,21 miliar.

Sehingga, berdasarkan kinerja tersebut, total aset perusahaan pun ikut menyusut menjadi Rp57,74 triliun di kuartal I-2023 dari Rp63,77 triliun. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Orang RI Makin Doyan Ngutang di Pinjol, Jumlah Pinjaman Tembus Rp72,03 Triliun per Agustus 2024

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan terjadi peningkatan nilai pengajuan kredit melalui industri fintech… Read More

2 mins ago

OJK Dorong Industri Asuransi Terapkan PSAK 117 pada 2025

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan komitmennya untuk mendukung implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan… Read More

26 mins ago

Begini Strategi Adira Finance Genjot Pembiayaan Syariah

Jakarta - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) berhasil mencatatkan pembiayaan baru di… Read More

40 mins ago

Aksi Balas Dendam, Iran Luncurkan Ratusan Rudal ke Israel

Jakarta – Iran meluncurkan raturan rudal hipersonik Fattah 1 ke wilayah Israel, pada Selasa (1/10),… Read More

49 mins ago

Intip Profil 10 Capim KPK, Ada dari Petahana, Hakim hingga Pejabat Polri

Jakarta – Panitia Seleksi (Pansel) telah menyerahkan nama-nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)… Read More

1 hour ago

Pengembangan UMKM Berbasis Risiko Reputasi

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank Sumut dan Pemerhati UMKM RISIKO reputasi adalah potensi ancaman atau… Read More

1 hour ago