Internasional

Diisolasi Barat, Korea Utara Malah Dukung Rusia

Jakarta – Di tengah isolasi dari negara-negara barat karena serangan Moskow ke Ukraina, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un justru menyatakan dukungan penuh kepada Rusia.

Dalam sebuah pesan Telegram yang ditunjukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memperingatI Hari Nasional Rusia, pemimpin Korea Utara itu menjajikan rezimnya mendukung perang antara Kremlin dan Ukraina.

Saat ini, perjuangan rakyat Rusia melawan peningkatan ancaman dan tantangan oleh pasukan musuh yang mencoba merusak kedaulatan, keamanan, dan kehidupan damai negara sedang melalui fase penting baru,” kata Kim, melansir TASS, Selasa, 13 Juni 2023.

Dalam pesan tersebut, seluruh rakyat Korea Utara sepenuhnya mendukung dan bersatu dengan Rusia dalam melindungi kedaulatan dan kepentingan negara tersebut.

“Keadilan akan selalu menang dan rakyat Rusia akan terus memuliakan sejarah kemenangan,” jelas Kim.

Bahkan, negara komunis ini pun akan terus memperkuat hubungan baik dengan dengan Rusia dan dalam hal kerja sama strategis antara Pyongyang dan Moskow.

Kim juga menyatakan harapannya agar Putin senantiasa sehat dan sukses dalam memimpin Rusia. Dengan mengharapkan hal serupa bagi kemakmuran, pembangunan, dan kemenangan abadi rakyat Rusia.

Rusia dan Korea Utara saat ini tengah berada dalam romansa terkuat mereka sejak Perang Dingin, saat rezim Kim menjadi mitra penting bagi Uni Soviet.

Presiden Rusia Vladimir Putin pun berjanji memperluas hubungan bilateral yang komprehensif dan konstruktif dalam sebuah surat kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un kala itu.

Jong-un lantas menjawab bahwa kerja sama antara kedua negara telah meningkat ke titik tertinggi dalam menghadapi kekuatan musuh.

Puncaknya, kedua pemimpin itu memperkuat kedekatan mereka melalui pertemuan tingkat tinggi bersejarah pada 2019 di Vladivostok, Rusia timur.

Kepemimpinan Rusia sendiri telah membuat keputusan politik untuk memperluas kerja sama ekonomi dengan Korea Utara dan merangsang kepentingan bisnis Rusia dengan DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea).

Rusia telah menetapkan tujuan untuk meningkatkan volume perdagangannya dengan Korea Utara hingga sepuluh kali lipat pada tahun 2020. 

Selain itu, Moskow saat ini sedang mengembangkan sejumlah proyek investasi di DPRK dan perusahaan Rusia juga sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan lebih banyak lagi. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

9 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

9 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

16 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

17 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 day ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago