Digitalisasi dan Optimalisasi Sumber Daya Regional Mampu Dorong Ekonomi Syariah

Jakarta – Perekonomian syariah saat ini terus berkembang di Indonesia. Hal tersebut tercermin dari data transaksi e-commerce industri halal posisi bulan Juli 2021 (YoY) yang meningkat cukup signifikan sebesar 21,7% yang didominasi oleh produk fashion.

Oleh karena itu, Bank Indonesia (BI) terus mendorong digitalisasi dan optimalisasi sumber daya regional agar perekonomian syariah dapat terus tumbuh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, dua hal ini menjadi penting.

“Selain digitalisasi, potensi lain yang dapat dikembangkan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional adalah pengembangan keunggulan sumber daya regional, dengan melakukan identifikasi dan pengembangan produk-produk unggulan yang dimiliki oleh masing-masing daerah (high quality local product),” jelas Deputi Gubernur BI Sugeng seperti dikutip 28 September 2021.

Senada, Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga menuturkan pentingnya aspek literasi digital dan keuangan untuk memperkuat perekonomian syariah. Ia menambahkan pentingnya membangun ekosistem ekonomi syariah yang inklusif, melalui pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui pengelolaan ekonomi daerah berbasis syariah, penguatan halal value chain, pemberdayaan ekonomi pesantren, pemberdayaan UMKM, penguatan halal lifestyle, serta optimalisasi Islamic social finance dan fintech syariah.

Untuk memperkuat ekosistem syariah, BI terus menggelar berbagai rangkaian program seperti business matching, business coaching, lomba, seminar, serta sosialisasi dan edukasi ekonomi Syariah. Berbagai rangkaian kegiatan tersebut juga diselenggarakan di 14 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Regional Jawa. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Evan Yulian

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

1 hour ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

2 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

15 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

16 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

16 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

16 hours ago