Perbankan

Didorong Kredit dan Pembiayaan Syariah, Bank Jago Raih Laba Rp22 M

Jakarta – PT Bank Jago Tbk (ARTO) di tiga bulan pertama 2023 terus melanjutkan konsistensinya untuk melanjutkan pertumbuhan perusahaan secara sehat. Hal ini tercermin dari perolehan laba sebelum pajak mencapai Rp22 miliar per akhir Maret 2023.

Perolehan laba tersebut didorong oleh penyaluran kredit dan pembiayaan syariah Bank Jago yang mencapai Rp10,84 triliun atau bertumbuh 76% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp6,15 triliun.

Direktur Utama Bank Jago, Kharim Siregar, mengatakan bahwa dalam penyaluran kredit, Bank Jago melakukannya secara hati-hati dan terukur dengan tetap memperhatikan peluang ekspansi yang ada. Sehingga, rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) gross di level 1,5%.

“Kami percaya kolaborasi adalah cara yang paling efektif untuk memberikan pembiayaan kepada lebih banyak nasabah tetapi dengan tetap memperhatikan risiko kredit agar Bank Jago dapat tumbuh secara berkelanjutan,” ucap Kharim dalam keterangan resmi di Jakarta, 28 April 2023.

Baca juga: Top Banget! Laba BCA Melonjak 43% jadi Rp11,5 T di Kuartal I-2023

Selain itu, rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) Bank Jago tercatat sebesar 79% yang menunjukkan permodalan yang kuat untuk ekspansi bisnis ke depan. Kharim menjelaskan pencapaian tersebut menunjukkan Bank Jago dapat bertumbuh secara berkelanjutan dengan dukungan fundamental kuat yang telah dibangun sejak tahun sebelumnya.

Kemudian, sebagai salah satu bank yang berbasis teknologi Bank Jago telah berhasil melayani 7,5 juta nasabah, termasuk lebih dari 5,8 juta nasabah funding melalui Aplikasi Jago per kuartal I-2023.

Jumlah nasabah tersebut naik lebih dari dua kali lipat dari 3,5 juta nasabah per kuartal I-2022, termasuk 2,3 juta nasabah funding melalui Aplikasi Jago. Pertumbuhan jumlah nasabah funding sejalan dengan pertumbuhan DPK sebesar 120% atau menjadi sebesar Rp9,28 triliun per Maret 2023 dari Rp4,21 triliun per Maret 2022.

“Dengan komitmen untuk terus berinovasi, memperdalam kolaborasi dengan ekosistem yang sudah ada, serta memperluas kolaborasi dengan ekosistem yang baru, kami berhasil menjangkau lebih banyak nasabah untuk menggunakan Aplikasi Jago,” imbuhnya.

Baca juga: Laba Bersih BSI Naik 47,65% jadi Rp1,46 Triliun di Kuartal I-2023

Adapun, peningkatan DPK tersebut didorong oleh pertumbuhan current account and savings account (CASA) sebesar 158% dari Rp2,29 triliun pada kuartal I-2022 menjadi Rp5,92 triliun pada kuartal I-2023. Pertumbuhan yang signifikan tersebut mendorong porsi CASA terhadap DPK mencapai 64% per akhir Maret lalu. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

IHSG Sempat Sentuh Rekor ke Level 7.905, Begini Kata OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa, pasar saham Indonesia atau Indeks Harga Saham… Read More

9 mins ago

Cara Jago Kelola Uang dan Merintis Karier di Era Digital, Simak Ini Tipsnya

Jakarta - Kaum muda, terutama milenial dan generasi Z (gen Z), menghadapi berbagai tantangan keuangan,… Read More

28 mins ago

OJK Catat Kredit Perbankan Tumbuh 11,40 Persen di Agustus 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pada Agustus 2024 kredit perbankan tumbuh sebesar 11,40 persen yoy atau menjadi… Read More

40 mins ago

Tumbuh 1,32 Persen, Aset Industri Asuransi Tembus Rp1.132 Triliun di Agustus 2024

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut industri perasuransian dan dana pensiun menunjukkan kinerja positif… Read More

55 mins ago

BEI Catat Ada 32 Perusahaan Antre IPO, 12 Beraset Jumbo

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat per 27 September 2024, terdapat 32 perusahaan… Read More

2 hours ago

Bos OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga di Tengah Tren Pemangkasan Suku Bunga

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan terjaga stabil dan pasar keuangan menguat… Read More

3 hours ago