Di Hadapan Investor Menkeu Tawarkan Investasi di Luar Jawa

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak para investor untuk melihat potensi investasi selain di pulau Jawa. Menurutnya, dengan berinvestasi di Indonesia, investor memiliki peluang keuntungan yang besar.

Menkeu mengungkapkan, bahwa dengan 17 ribu pulau yang ada, lokasi investasi di Indonesia tidak hanya sekedar Jakarta dan Jawa saja.

“Kita bisa pastikan investasi tumbuh merata, Indonesia tentu tidak hanya Jakarta, tidak hanya Jawa dan Bali. Indonesia seluruh 17 ribu pulau yang ada. Kami pastikan semua daerah dibangun secara merata,” ujarnya di Jakarta Kamis, 21 November 2019.

Dirinya menambahkan, bahwa pemerintahan Joko Widodo terus melanjutkan program kerja untuk membangun infrastruktur di berbagai daerah di luar Jawa. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan minat investor untuk menanamkan modal di daerah lainnya.

Namun, pemerintah tak bisa hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saja. Untuk itu, swasta diharapkan terlibat membangun infrastruktur di luar Jawa lewat berbagai skema, termasuk Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Saat ini infrastruktur yang kami bangun terdiri dari segala infrastruktur yang ada. Tenaga listrik, jalan, pelabuhan, bandara, telekomunikasi, sanitasi, dan lain-lain. Kami memahami bahwa keuangan publik terbatas, makanya KPBU akan kami promosikan,” paparnya.

Selain itu, tambah dia, pemerintah juga membuka peluang agar para investor bisa mengambil alih pengelolaan infrastruktur yang sudah dibangun. Dengan cara ini, pemerintah ingin beban keuangan yang berisiko tidak hanya ditanggung oleh perusahaan BUMN yang ditugaskan saja. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Menkeu: Pembangunan Infrastruktur dan SDM Jadi Fondasi Ketahanan Ekonomi Indonesia

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia… Read More

4 hours ago

Dukung Pertumbuhan Bisnis Nasabah, BNIdirect Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghadirkan kapabilitas terbaru dari aplikasi… Read More

4 hours ago

Jangan Tunggu Tua, Ini Tips Jago Buat Anak Muda agar Lebih Cerdas Kelola Uang

Jakarta - PT Bank Jago Tbk berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan internasional AIESEC mengajak ratusan anak… Read More

5 hours ago

Indonesia Privacy Leader Summit 2024: Memastikan Masa Depan Data yang Aman di Era Digital

Jakarta – Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP),… Read More

6 hours ago

Target Ekonomi 8 Persen ‘Dinyinyirin’, Prabowo: Tunggu Tanggal Mainnya!

Jakarta – Presiden terpilih RI Prabowo Subianto mengakui target pertumbuhan ekonomi 8 persen di pemerintahannya… Read More

7 hours ago

Hadiri Festival Literasi Finansial, IFG Life Tegaskan Komitmen Dorong Literasi Keuangan

Jakarta – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersama dengan para stakeholders di sektor keuangan… Read More

8 hours ago