Keuangan

Didemo Nasabah Unit Link Lagi, Begini Kata OJK

Jakarta – Komunitas Korban Asuransi kembali melakukan aksi unjuk rasa. Koordinator Komunitas Korban Asuransi Prudential, AXA Mandiri dan AIA, Maria Trihartarti mengungkapkan, demo kali ini masih memiliki tuntutan yang sama yaitu menuntut pengembalian premi dan meminta dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan DPR RI.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara OJK Sekar Putri Djarot mengungkapkan penyelesaian dispute nasabah dan perusahaan asuransi yang terikat perjanjian keperdataan hanya bisa diselesaikan melalui cara mediasi di luar pengadilan dan/atau melalui pengadilan.

“Termasuk jika ada dugaan penipuan yang sering didengungkan nasabah terhadap agen, karena ini sudah masuk jalur pidana yang tentunya merupakan ranah kewenangan kepolisian,” jelas Sekar pada keterangan resminya, Selasa, 22 Maret 2022.

Lebih jauh, OJK sudah tegas meminta agar perusahaan asuransi Prudential, AXA Mandiri dan AIA untuk menyelesaikan masalah dengan nasabahnya. Ketiga Direktur Utama dari perusahaan tersebut juga sudah sempat dipanggil OJK.

“Sehingga nasabah diarahkan menempuh melalui mediasi yang dilakukan melalui LAPS. Selama belum ditempuh prosedur ini, meski dijamin UU menyampaikan pendapat, tetapi aksi demo ini tidak menyelesaikan masalah, karena melalui LAPS ini OJK sudah mendapatkan komitmen dari perusahaan asuransi bentuk penyelesaiannya,” tambah Sekar.

OJK percaya bahwa semua pihak pasti sudah paham posisi hukumnya masing-masing sehingga cara penyelesaian terbaik adalah mencari kesepakatan. Berlarutnya permasalahan nasabah Unit Link dinilai akan menyebabkan kerugian di kedua belah pihak. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Evan Yulian

Recent Posts

Mengenal Sosok Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Calon Menteri Kabinet Prabowo

Jakarta - Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut dipanggil Presiden Terpilih… Read More

8 hours ago

Siap Gabung Kabinet Prabowo-Gibran, Erick Thohir: Amanah Ini akan Saya Jalankan Sebaik Mungkin

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menjadi salah satu tokoh yang… Read More

8 hours ago

Yusril Ihza Mahendra Ditugaskan Prabowo jadi Menko Hukum dan HAM

Jakarta - Salah satu tokoh yang dipanggil presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan… Read More

8 hours ago

Inilah Daftar Nama Calon Menteri yang Dipanggil Presiden Terpilih Prabowo

Jakarta - Sederet ketua umum partai, pengusaha, hingga menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipanggil… Read More

9 hours ago

Yuk, Intip Deretan Wajah Lama Menteri yang Dipanggil Prabowo ke Kertanegara

Jakarta – Jelang enam hari pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakilnya Gibran Rakabuming Raka… Read More

9 hours ago

Masuk Kabinet Prabowo, Airlangga: Penugasan Sesuai Bidang Selama Ini Saya Geluti

Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ke kediamannya di Jalan… Read More

10 hours ago