News Update

Dibuka Menguat, Jokowi Berharap Pasar Modal Jauh dari Praktik “Curang”

Jakarta – Pembukaan perdagangan saham awal tahun 2020 resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis, 2 Januari 2020.

Pada pembukaan perdagangan di awal tahun 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik 13.59 poin atau 0,22% ke level 6,313.12.

Dalam sambutannya, Jokowi pun menghimbau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk menjaga kepercayaan investor dan meningkatkan transparansi. Dia pun menekankan agar otoritas melakukan pembersihan terhadap praktik “curang” di pasar saham yang merugikan investor.

Praktik curang yang dimaksud yakni aksi goreng saham yang dilakukan segelintir orang untuk mengambil keuntungan pribadi.

“Kepercayaan berbagai pihak harus kita jaga. Segera bersihkan dari praktik-praktik jual beli saham yang tidak benar,” tegas Jokowi dalam sambutannya.

Pada pembukaan perdagangan bursa kali ini sendiri, Jokowi didamping Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi.

Sebelumnya pada penutupan perdagangan akhir tahun, IHSG ditutup melemah 29.77 atau 0,47% ke level 6,299.53. Pelemahan ini diluar dugaan, karena biasanya pasar di warnai aksi Window Dressing di akhir tahun.

Window dressing bisa di lakukan oleh emiten atau perusahaan public untuk menarik minat investor dengan cara mempercantik laporan atau kinerja keuangan perusahan. Salah satunya lewat upaya memastikan agar harga saham diakhir tahun di tutup naik dibandingkan periode sebelumnya.

Selain dilakukan oleh emiten Window Dressing juga dilakukan oleh fund manager pengelola reksadana. Untuk memberikan laporan terbaik kepada investor fund manager sering menganti portofolio pada akhir tahun. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Deflasi 5 Bulan Beruntun Tak Bikin Pemerintah Resah, Ini Alasannya

Jakarta – Perekonomian Tanah Air mengalami deflasi selama 5 bulan berturut-turut atau sejak Mei 2024. Adapun BPS… Read More

49 mins ago

IHSG Sesi I Lanjut Melemah 0,58 Persen ke Level 7.500

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (4/10) kembali… Read More

2 hours ago

Emiten Ritel Mitra10 (CSAP) Umumkan Kerja Sama dengan Paper.id, Ini Sederet Keuntungannya

Jakarta - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) sebagai emiten yang bergerak di bidang ritel… Read More

2 hours ago

Hingga September 2024, Penyaluran KUR Bank Mandiri Tembus Rp32,20 Triliun

Jakarta - Bank Mandiri mencatat hingga akhir September 2024 realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)… Read More

3 hours ago

Kemenkeu Gali Potensi Keuangan Publik Islam untuk Perekonomian RI

Jakarta – Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu menyatakan pemerintah akan memanfaatkan potensi keuangan publik Islam… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Tekankan Pentingnya Inovasi Pembiayaan bagi UMKM

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berkomitmen mendukung pertumbuhan usaha tak hanya di kelas… Read More

4 hours ago