Ekonomi dan Bisnis

Di KTT Asean Jokowi Minta Kolaborasi Pemerintah dan Parlemen Diperkuat

Jakarta –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap peran parlemen di Asean dalam mendukung berbagai kebijakan di masa darurat pandemi sehingga bisa dilakukan dengan cepat dan dapat melewati masa kritis.

Terlebih kata Jokowi, dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda Asean tahun 2045.

“Kita harus memastikan Asean mampu lebih tanggap dan resilien dalam menghadapi tantangan sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil dan demokratis,” kata Jokowi saat membuka pertemuan konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN ke-42, Labuan Bajo, di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 10 Mei 2023.

Jokowi menekankan, kolaborasi antara pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi agar menjamin Asean menjadi epicentrum of growth.

Menurutnya, ASEAN memiliki aset kuat sebagai pusat pertumbuhan. Beberapa diantaranya ekonomi yang tumbuh jauh di atas rata-rata, bonus demografi, dan kestabilan kawasan.

Di masa mendatang kata Jokowi, ASEAN juga harus semakin memperkuat integrasi ekonomi, mempererat kerja sama dengan berbagai pihak dan memperkuat arsitektur kesehatan pangan serta energi.

“Mari bekerja keras menjadikan arsitektur kesehatan pangan energi dan stabilitas keuangan. Mari bekerja keras menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” jelasnya.

Indonesia sendiri menjadi ketua ASEAN 2023.  Di keketuaan kali ini, Indonesia memang menghadapi sejumlah tantangan besar.

Misalnya saja dari internal ASEAN, terdapat konflik di Myanmar yang sudah berlangsung dua tahun hingga tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang kian marak di kawasan. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra


Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Kisi-kisi OJK akan Kondisi Perbankan Pasca Pemangkasan BI Rate

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa penurunan suku bunga acuan atau BI Rate akan memengaruhi… Read More

1 hour ago

Jokowi Terima 10 Nama Calon Pimpinan dan Dewas KPK, Pansel: Berasal dari Aspirasi Publik

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menerima nama-nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan… Read More

2 hours ago

Soal Kasus Dugaan Gratifikasi IPO, OJK Tegaskan Pegawainya Tak Terlibat

Jakarta - Kasus dugaan gratifikasi lima karyawan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam melakukan penawaran umum… Read More

3 hours ago

Allianz Life Gandeng Bank HSBC Luncurkan Produk Asuransi Baru, Simak Manfaatnya

Jakarta - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank… Read More

3 hours ago

Ini yang Dilakukan OJK-Kominfo dalam Persempit Ruang Gerak Judi Online

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan tengah berupaya… Read More

5 hours ago

OJK Ungkap Alasan Pertumbuhan DPK Lebih Rendah Dibanding Kredit

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan penyebab pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)… Read More

7 hours ago