Deretan Perusahaan Asuransi Terbaik 2022 Versi Majalah Infobank

Deretan Perusahaan Asuransi Terbaik 2022 Versi Majalah Infobank

perusahaan asuransi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – 57 perusahaan asuransi berhasil meraih penghargaan 23rd Infobank Insurance Award 2022, pada Kamis, 28 Juli 2022. Para peraih penghargaan yang terdiri dari 42 perusahaan asuransi umum dan 15 perusahaan asuransi jiwa ini sukses menorehkan kinerja dengan predikat “sangat bagus”.

Pemberian anugerah 23rd Infobank Insurance Award 2022 ini didasarkan pada Rating 110 Perusahaan Asuransi Versi Infobank tahun 2022, dimana terdapat 38 perusahaan asuransi jiwa dan 72 perusahaan asuransi umum yang di-rating pada tahun ini. Rating ini didasari oleh kinerja perusahaan-perusahaan asuransi tersebut yang tertera pada laporan keuangan terperiksa dan terpublikasi untuk periode tahun kerja penuh 2021.

Penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank (BiRI) ini terdiri dalam 5 tahapan besar dalam menentukan predikat “sangat bagus”. Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat. Kemudian, Biro Riset Infobank mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan.

Direktur Biro Riset Infobank sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B. Supriyanto mengutarakan, perusahaan-perusahaan asuransi yang dapat bertahan dari terpaan badai pandemi dan mulai kembali bertumbuh memasuki era endemic yang diwarnai ancaman inflasi global saat ini bukan hanya mereka yang memiliki kekuatan permodalan dan likuiditas, melainkan juga sangat penting untuk perusahaan asuransi saat ini dalam memperkuat tata kelola usaha serta transparansi dan juga manajemen risiko yang handal.

“Berbagai tantangan dan kesulitan yang dihadapi oleh sektor asuransi nasional pada masa-masa sukar sejak Covid-19 merebak hingga sekarang inflasi global turut melanda industri keuangan Indonesia harus menjadi pelajaran penting bagi seluruh pelaku industri keuangan termasuk asuransi utamanya dalam memperkuat tata kelola dan manajerial risiko investasi dan usaha sebagai langkah strategis dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi nasional,” ujar Eko, dalam kegiatan Infobank Non-Bank Financial Forum 2022, 28 Juli 2022.

Acara yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Infobank Non-Bank Financial Forum 2022 hasil kolaborasi Infobank Media Group bersama Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) ini dibuka dengan Keynote Speech dari salah Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang pada 20 Juli 2022 lalu baru saja dikukuhkan jabatannya sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB), Ogi Prastomiyono.

Acara kemudian dilanjutkan dengan forum nasional bertajuk “Membangun Industri Keuangan Non-Bank yang Sehat; Tata Kelola & Risk Management Sektor Pembiayaan dan Asuransi di Tengah Ancaman Inflasi” yang dimoderatori oleh Karnoto Mohamad, Wakil Pemimpin Redaksi Infobank. Turut hadir sebagai narasumber forum, antara lain: Bambang W. Budiawan, Kepala Departemen Pengawas IKNB 2B OJK; Iwan Pasila, Direktur Utama BRI Life Insurance sekaligus Anggota Tim Kerja AAJI; Hastanto Sri Margi Widodo, Ketua Umum AAUI dan Direktur Utama Asuransi Bintang; Suwandi Wiratno, Ketua Umum APPI dan juga Direktur Utama CSUL Finance; dan Eko B. Supriyanto sendiri selaku Chairman Infobank Institute yang dalam kesempatan kali ini mewakili sektor perbankan.

Rangkaian acara yang diselenggarakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta dan disiarkan secara Live melalui Zoom – Live Video Conference dan juga kanal Youtube resmi InfobankTV ini terlaksana berkat dukungan yang luar biasa dari berbagai pihak, yaitu: Indolife Pensiontama, Asuransi Central Asia, Asuransi Ramayana, BRI Insurance, Reliance Life, PLN Insurance, Asuransi Tri Pakarta, Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Asuransi Jiwa Starinvestama, Asuransi Total Bersama, BRI Life, BCA Life, Pertalife Insurance, BNI Life, AXA Mandiri Financial Service, Asuransi Astra Buana, Asuransi Umum BCA, Asuransi Candi Utama, Sompo Insurance, dan Lippo General Insurance.

Berikut ini daftar 57 perusahaan asuransi penerima 23rd Infobank Insurance Award 2022 berdasarkan hasil Rating Asuransi Versi Infobank Tahun 2022:

 

ASURANSI JIWA

Premi Bruto Rp. 5 Triliun ke Atas

1. Capital Life Indonesia

2. AXA Mandiri Financial Service

3. BRI Life

4. Indolife Pensiontama

 

Premi Bruto Rp. 1 Triliun s.d. < Rp. 5 Triliun

1. Asuransi Jiwa Mandiri InHealth

2. Asuransi Jiwa BCA

3. AXA Financial Indonesia

4. Heksa Solution Insurance

5. Asuransi Jiwa Central Asia Raya

6. Asuransi Jiwa Starinvestama

7. Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life)

 

Premi Bruto Rp. 250 Miliar s.d. < Rp. 1 Triliun

1. Pertalife Insurance (Ex. Asuransi Jiwa Tugu Mandiri)

2. Asuransi Jiwa Reliance Indonesia

3. Victoria Alife Indonesia

4. PFI Mega Life Insurance

 

ASURANSI UMUM

Premi Bruto Rp. 2,5 Triliun ke Atas

1. Asuransi Central Asia

2. Asuransi Astra Buana

3. Asuransi Tugu Pratama Indonesia

 

Premi Bruto Rp. 1 Triliun s.d. < Rp. 2,5 Triliun

1. BRI Insurance

2. Asuransi Tokio Marine Indonesia

3. Asuransi Wahana Tata

4. Asuransi MSIG Indonesia

5. Sompo Insurance Indonesia

6. Asuransi Dayin Mitra

7. Asuransi Multi Artha Guna

8. Lippo General Insurance

9. Asuransi Ramayana

 

Premi Bruto Rp. 500 Miliar s.d. < Rp. 1 Triliun

1. Asuransi Umum BCA

2. Asuransi Bina Dana Arta

3. Asuransi Tri Pakarta

4. Asuransi Mitra Pelindung Mustika

5. China Taiping Insurance Indonesia

6. MNC Asuransi Indonesia

7. Asuransi Perisai Listrik Nasional

8. Asuransi Reliance Indonesia

9. Asuransi Raksa Pratikara

 

Premi Bruto Rp. 250 Miliar s.d. < Rp. 500 Miliar

1. Asuransi Total Bersama

2. Asuransi Sahabat Artha Proteksi

3. Asuransi Umum Mega

4. Great Eastern General Insurance

5. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967

6. KSK Insurance Indonesia

7. Asuransi Buana Independent

8. AIG Insurance Indonesia

9. Asuransi Bintang

10. Asuransi ASEI Indonesia

 

Premi Bruto Rp. 100 Miliar s.d. < Rp. 250 Miliar

1. Asuransi Artarindo

2. Meritz Korindo Insurance

3. Kookmin Best Insurance Indonesia

4. Asuransi Summit Oto

5. Avrist General Insurance

6. Asuransi Simas Insurtech

7. Asuransi Bhakti Bhayangkara

8. Arthagraha General Insurance

9. Asuransi Candi Utama

 

Premi Bruto di Bawah Rp. 100 Miliar

1. Victoria Insurance

2. Asuransi Umum Videi

 

Daftar lengkap penerima anugerah 23rd Infobank Insurance Award 2022 dengan data kinerja keuangan masing-masing pemenang dapat dilihat pada Majalah Infobank Edisi Juli 2022 No. 531, Vol. XLIV, yang dapat dibeli pada Divisi Sirkulasi Infobank atau diakses melalui situs www.infobankstore.com.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]