Categories: Pasar Modal

Deras Sentimen Positif, IHSG Dibuka Melonjak

Jakarta–Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melonjak hingga 1,1%atau 51,49 poin ke level 4.584,84 pada perdagangan Rabu, 4 November 2015.

Penguatan ini sejalan dengan kondisi bursa global, dimana Bursa AS kembali melanjutkan penguatannya semalam dan semakin dekat dengan posisi all time high-nya seiring sentimen positif dari lonjakan harga minyak dunia.

Tim Riset Samuel Securitas Indonesia mengungkapkan treasury yield AS naik signifikan semalam seiring pasar mengantisipasi rilis data non-farm payroll di akhir pekan ini yang diekspektasikan membaik dari bulan sebelumnya.

Terlebih sejauh ini, earnings result emiten di AS pada kuartal III 2015 masih cukup baik dengan sekitar 70% emiten merilis laba yang lebih baik dari ekspektasi.

“Hal ini berhasil menjaga sentimen positif di bursa AS dalam 2 pekan terakhir,” ujar tim riset Samuel Sekurita Indoneia.

Harga minyak sendiri melonjak 3.8% ke level USD47.7/barel setelah insiden force majeure di Libya dan demo sektor migas di Brazil. Namun hal ini tidak diikuti harga komoditas lainnya seperti Nickel (-2.2%), Tin (flat) dan CPO (-0.9%).

IHSG kemarin kembali ditutup menguat 1,5% seiring penguatan nilai tukar Rupiah yang kembali ke kisaran level Rp13.560/USD. Hal ini terjadi di tengah posisi net-sell investor asing di saham-saham sektor perbankan yang justru menjadi leading movers kemarin.

IHSG sendiri hari ini diperkirakan akan kembali bergerak menguat seiring sentimen positif dari bursa global dan Rupiah yang kembali menguat pagi ini ke level Rp13.491/US. (*) Dwitya Putra

Paulus Yoga

Recent Posts

Dipanggil Prabowo, Sri Mulyani Diminta Kembali jadi Menteri Keuangan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya menyambangi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara,… Read More

2 seconds ago

OJK Tekankan Pentingnya Stabilitas Sistem Keuangan yang Kuat dan Inklusif

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menekankan bahwa sektor jasa keuangan sebagai bagian dari sistem… Read More

31 mins ago

OJK Beberkan 4 Pilar Penting dalam Roadmap Penguatan BPD 2024-2027

Jakarta - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menyampaikan apresiasi kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang… Read More

2 hours ago

Gara-gara Ini, Boeing Bakal PHK 17.000 Karyawan Global

Jakarta – Produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)… Read More

2 hours ago

Outstanding SRBI per Oktober 2024 Tembus Rp982,2 Triliun

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyampaikan outstanding dari Sekuritas Bank Indonesia (SRBI) per 4 Oktober… Read More

2 hours ago

Indonesia’s Foreign Debt Increase to Rp6,624 Trillion as of August 2024

Jakarta - Bank Indonesia (BI) noted that Indonesia's external debt (ULN) has increased. Indonesia's external… Read More

3 hours ago