Keuangan

Dear Orang Tua, Begini Strategi Kelola Dana Pendidikan Anak Berbasis Syariah

Jakarta – Bagi orang tua, pemenuhan kebutuhan untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi buah hati sebagai bekal di masa depan sudah menjadi hal mendasar. Namun, menyusun perencanaan dana bagi sang buah hati bukan perkara mudah. 

Apalagi dengan biaya hidup, termasuk biaya pendidikan yang kian melonjak setiap tahun. Ini sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), terlihat Indeks Harga Konsumen (IHK) biaya pendidikan di Indonesia meningkat sebesar 1,68% dari 107,80 pada Juli 2021 menjadi 109,62 pada Juni 2022.

Melihat kenaikan inflasi dari waktu ke waktu, manajemen keuangan sangatlah penting untuk menyiapkan masa depan yang mapan, salah satunya melalui pengelolaan dana berbasis syariah. 

Head of Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari menuturkan, pengelolaan keuangan Syariah merupakan pilihan yang relevan bagi masyarakat untuk mencapai kebebasan finansial sejak dini melalui berbagai produk tabungan, investasi serta proteksi. 

Pasalnya, di era modern  saat ini, orang tua tidak perlu khawatir karena mereka dapat mengatur keuangan keluarga sesuai dengan prinsip Syariah untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga. 

“Pendekatan Maybank Shariah Wealth Management (Maybank SWM) yang mengadopsi konsep life journey, yaitu creation, accumulation, protectionpurification dan distribution menjadi bagian penting dalam mengelola kekayaan sesuai dengan prinsip keuangan Syariah,” jelasnya, dikutip, Senin 19 Juni 2023.

Menurutnya, apabila ingin memulai perencanaan dana untuk pendidikan anak, langkah pertama yang efektif dilakukan adalah membuka rekening tabungan. 

Maybank Indonesia telah menghadirkan Maybank Tabungan UiB berakad Mudharabah yang memberikan keleluasaan bagi nasabah dalam menyisihkan dana dan mencapai kebutuhan finansial di masa mendatan.

Di mana, memberikan banyak kebebasan biaya-biaya seperti bebas biaya tarik tunai 30x di ATM Bank lain, 10x bebas biaya transfer antar Bank dan bebas biaya admin.

Cara lain kata dia yang juga dapat dilakukan adalah investasi berbasis Syariah dengan tujuan pendidikan. Investasi dalam konteks Maybank SWM merupakan bagian dari creation yang mengacu pada penciptaan nilai tambah. 

Para orang tua dapat mengatur investasi yang diinginkan berdasarkan profil risiko dan jangka waktu yang sesuai dengan perencanaan dana pendidikan. 

Melalui fasilitas Maybank Rekening Dana Nasabah (RDN) Syariah, calon investor dapat memaksimalkan hasil manfaatnya lewat pembelian instrumen saham atau efek yang terintegrasi melalui aplikasi online tradingMaybank Trade dari PT Maybank Sekuritas Indonesia (Maybank Sekuritas). 

Tidak kalah penting adalah perencanaan dana pendidikan melalui asuransi jiwa berbasis Syariah. Hal ini merupakan bagian  untuk perlindungan harta dan kekayaan dari risiko yang tidak diinginkan atau kerugian. 

“Pastikan asuransi tersebut memberikan perlindungan finansial saat pemilik polis tertimpa resiko seperti meninggal dunia atau kecelakaan, sehingga dana dapat digunakan untuk menanggung kebutuhan hidup dan pendidikan anak,” jelasnya.

Head of Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari menambahkan, Maybank Indonesia melalui Unit Usaha Syariah (UUS) selalu berkomitmen untuk menghadirkan solusi perbankan yang membantu Nasabah mewujudkan kesejahteraan dan membangun masa depannya. 

“Dilengkapi dengan 355 jaringan cabang di Tanah Air serta akses terhadap perbankan digital melalui M2U ID App / Web, kami akan terus menghadirkan produk dan proposisi Syariah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

1 hour ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

2 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

2 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

2 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

2 hours ago

Bundamedik Cetak Laba Bersih Naik 199 Persen di Semester I 2024, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bundamedik Tbk atau Bundamedik Healthcare System (BMHS) sebagai salah satu emiten kesehatan… Read More

2 hours ago