Perbankan

DBS Indonesia Gandeng Moduit Perluas Akses Investasi Obligasi Pasar Sekunder, Targetkan AUM Rp500 Miliar

Jakarta – PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia), hari ini, Selasa (15/10), meresmikan kerja sama dengan PT Moduit Digital Indonesia (Moduit), sebuah platform teknologi finansial berlisensi yang menawarkan layanan private wealth management digital dengan produk yang terkurasi. 

Ini adalah kolaborasi pertama bank di Indonesia dengan wealth tech company melalui integrasi Application Programming Interface (API), sehingga masyarakat dapat berinvestasi pada 100 lebih pilihan Obligasi Pasar Sekunder yang disediakan Bank DBS Indonesia di aplikasi Moduit. 

Dengan kolaborasi ini, pihak DBS Indonesia dan Moduit menargetkan jumlah transaksi hingga 5.000 transaksi dengan aset mencapai Rp500 miliar yang dikelola pada aplikasi Moduit untuk tahun ini. 

“Integrasi API kami ke dalam platform Moduit memudahkan masyarakat membeli 100 lebih pilihan Obligasi Pasar Sekunder dari DBS Indonesia di aplikasi Moduit. Di tahun pertama, kami menargetkan hingga 5.000 transaksi dengan aset hingga Rp500 miliar,” ujar Head of Investment and Insurance Product PT Bank DBS Indonesia, Djoko Soelistyo, saat peresmian kolaborasi DBS Indonesia dan Moduit di Jakarta, Selasa (15/10).

Baca juga: Resmi Diluncurkan, BMoney Privilege Lounge Tawarkan Pengalaman Investasi Menarik

Ke depannya, ia katakan, akan berupaya untuk menjangkau nasabah lebih banyak lagi demi memajukan inklusi finansial di Indonesia. Berdasarkan riset YouGov untuk Bank DBS Indonesia pada 2023, 27 persen masyarakat pada segmen ritel telah memilih investasi untuk mengelola asetnya.

Studi yang sama mencatat 41 persen masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi online untuk mengakses layanan finansial, yang mana menunjukkan pentingnya integrasi investasi dan teknologi.

Peningkatan minat investasi ini juga diperkuat oleh data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang menyoroti jumlah investor, khususnya obligasi. Saat ini telah mencapai total lebih dari satu juta investor dengan tingkat pertumbuhan dari 2020-2023 sebesar lebih dari 21,4 persen.

Obligasi menjadi populer saat ini karena beberapa alasan, seperti imbal hasil yang lebih menarik dibandingkan tabungan atau deposito, stabilitas harga yang terjaga, serta memiliki tanggal jatuh tempo dan pembayaran bunga yang tetap, sehingga dapat dijadikan pilihan pengelolaan keuangan yang dapat diprediksi.

“Sejalan dengan tren positif di pasar investasi Indonesia, kami senantiasa berkomitmen untuk terus menghadirkan produk yang terkurasi sesuai profil risiko dan kebutuhan nasabah serta pengalaman bertransaksi, menabung, dan berinvestasi yang seamless melalui aplikasi Digibank by DBS,” imbuh Djoko.  

Di satu sisi, sebagai penasihat investasi, Moduit mempunyai solusi portfolio allocation dengan berbagai macam produk yang terkurasi dari setiap jenis asset class mulai dari reksa dana, saham, hingga obligasi.

Baca juga: Begini Jurus Bank DBS Indonesia Gaet 1 Juta Investor dari Layanan RDN

Sebagai hasilnya, hingga kini Moduit telah mendukung puluhan ribu klien individu dan institusi dalam mencapai kebutuhan finansialnya.

Moduit didirikan sejak 2018 dan telah memiliki lebih dari 200 Moduit Wealth Advisor Partner yang berlisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan rata-rata pengalaman lebih dari 15 tahun di industri wealth management.

“Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Bank DBS Indonesia karena dengan ini, kami dapat melengkapi produk yang sudah ada sebelumnya dan memberikan solusi portfolio investasi yang lebih komprehensif kepada nasabah,” jelas Chief of Development PT Moduit Digital Indonesia, Edina Saputra. 

Mulai Oktober 2024, nasabah Moduit dapat mengakses produk obligasi pasar sekunder yang terkurasi oleh Bank DBS Indonesia melalui aplikasi Moduit yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. (*) Steven Widjaja

Galih Pratama

Recent Posts

Ada Sri Mulyani-Raffi Ahmad, Ini Daftar Lengkap Calon Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Prabowo

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah mengundang calon menteri dan wakil menteri (wamen) serta… Read More

2 hours ago

Resmi Diluncurkan, BMoney Privilege Lounge Tawarkan Pengalaman Investasi Menarik

Jakarta – BMoney resmi meluncurkan aplikasi BMoney Privilege Lounge yang hadir untuk menawarkan kenyamanan, kemewahan,… Read More

3 hours ago

Menteri Investasi Beberkan 2 Kunci Capai Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen

Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roslanie, menyebutkan bahwa, kunci untuk… Read More

3 hours ago

Calon Wamen Datangi Kediaman Presiden Terpilih Prabowo

Selebriti Raffi Ahmad sambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, 15 Oktober… Read More

6 hours ago

Total 59 Calon Wakil Menteri dan Kepala Badan yang Sudah Dipanggil Prabowo, Ini Daftarnya

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyudahi pemanggilan calon menteri dan wakil menteri (wamen) untuk kabinet… Read More

7 hours ago

BTN Klaim Sudah Sepakati Harga Akusisi Calon Bank Syariah

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), Nixon LP Napitupulu buka suara… Read More

8 hours ago