Darmin Optimis Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tumbuh 5,3%

Darmin Optimis Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tumbuh 5,3%

Darmin Optimis Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tumbuh 5,3%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta–Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan optimisme terhadap perekonomian nasional. Ia optimistis pada kuartal II, perekonomian nasional dapat tumbuh mencapai 5,3 persen.

“Bulan puasa konsumsi memang naik. Apalagi masuk Lebaran. Tapi pengaruh bahwa ekonomi kita membaik di kuartal II bukan semata-mata karena Lebaran saja,” kata Darmin di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin, 26 Juni 2017.

Darmin menilai pertumbuhan ekonomi pada kuartal II biasanya lebih baik dibandingkan kuartal I. Hal itu salah satunya disebabkan oleh aktivitas ekonomi yang tinggi di Amerika Serikat dan Eropa.

Menurut Darmin, perekonomian saat ini mulai membaik. Dalam dua tahun terakhir, dengan melambatnya perdagangan internasional, roda ekonomi sangat mengandalkan konsumsi dalam negeri dan investasi.

“Sekarang ekspor-impor mulai berfungsi sebagai motor penggerak,” ungkap Darmin

Bahkan, menurut Darmin, secara fiskal pun mulai sehat. Dia mengatakan pemerintah tidak lagi menempatkan risiko fiskal sebagai risiko yang bisa mempengaruhi ekonomi.

Sebagai data, pada kuartal I lalu, Badan Pusat Statistik  menunjukkan perekonomian nasional tumbuh 5,01 persen dibandingkan kuartal I-2016. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]