Danone-AQUA dan Alfamart Inovasi Luncurkan Reverse Vending Machine

Danone-AQUA dan Alfamart Inovasi Luncurkan Reverse Vending Machine

Danone-AQUA dan Alfamart Inovasi Luncurkan Reverse Vending Machine
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Danone-AQUA bekerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay untuk meluncurkan inovasi berupa AQUA Reverse Vending Machine (RVM) atau Mesin Penukaran Botol plastik paska konsumsi bagi masyarakat. Alat ini akan berfungsi untuk memfasilitasi dan mempermudah pengelolaan sampah botol plastik.

Rencanaya, reverse vending machine yang diinisiasi Danone-AQUA bersama Alfamart ini, untuk tahap pertama akan ditempatkan di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang. VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengungkapkan langkah ini adalah salah satu komitmen perseroan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

“Kami akan selalu berinovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan kemasan botol plastik paska konsumsi, sekaligus mengedukasi pentingnya pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan. Kami sangat menyambut baik kerjasama dengan Alfamart dan PlasticPay
serta berharap inisiatif ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan untuk Indonesia yang lebih bersih,” ujar Galuh pada keterangannya, 19 Januari 2022.

Melalui reverse vending machine ini, masyarakat diajak mengumpulkan kemasan botol plastik paska konsumsi melalui empat langkah mudah. Pertama, mengunduh aplikasi PlasticPay pada smartphone dan melakukan registrasi. Kemudian membawa kemasan botol plastik PET paska konsumsi ke lokasi AQUA RVM terdekat.

Lalu, masyarakat memindai barcode pada botol plastik PET paska konsumsi, sebelum memasukkannya ke dalam mesin RVM. Terakhir, konsumen cukup memindai QRCODE yang muncul pada mesin menggunakan aplikasi PlasticPay, diakhiri dengan mengklik “AmbilPoin” pada aplikasi PlasticPay.

Selain mudah dan cepat, inisiatif ini juga menawarkan reward dari setiap poin yang dikumpulkan. Untuk kemasan botol plastik PET paska konsumsi dengan merk Danone-AQUA diberikan reward 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merk lain mendapat reward 50 poin per botolnya.

Poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastik nantinya dapat ditukarkan dengan Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan juga sedang diproses untuk bisa ditukarkan dengan Alfagift Points. Dengan mekanisme ini, AQUA RVM diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mendorong masyarakat untuk mengumpulkan kemasan botol plastik paska konsumsi, sehingga mengurangi sampah plastik yang tidak terkumpul dan terkelola dengan benar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]