DANA Siap Implementasikan Pembayaran QR Code Lintas Negara

DANA Siap Implementasikan Pembayaran QR Code Lintas Negara

Jakarta – Interkoneksi QR Code lintas negara yang memudahkan transaksi pembayaran ini telah resmi diimplementasikan oleh Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT). Dalam hal ini, DANA sebagai penyedia jasa pembayaran nonbank turut serta dalam peluncuran implementasi pembayaran kode QR tersebut baik sebagai issuer maupun acquirer.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia, Vince Iswara mengatakan, implementasi QR code tersebut juga selaras dengan visi DANA yang berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sebagaimana prioritas strategis Pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang disusun oleh Bank Indonesia.

“Kami menyambut baik kepercayaan yang diberikan Bank Indonesia kepada DANA, sebagai dompet digital pertama yang menerapkan QR Cross Border. Didukung teknologi inklusif dan platform ekosistem terbuka yang DANA miliki, kami siap menghadirkan pengalaman bertransaksi digital lintas negara yang prima untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna,” ujar Vince dalam keterangannya di Jakarta, 30 Agustus 2022.

Oleh karena itu, ia menambahkan bahwa pengguna aplikasi DANA yang melakukan perjalanan ke Thailand, saat ini sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand seperti merchant Bangkok Bank dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui aplikasi DANA, serta para turis Thailand yang berwisata ke Indonesia dapat melakukan pembayaran dengan mudah di merchant QRIS DANA melalui aplikasi pembayaran Thailand miliknya.

“Selama ini peningkatan adopsi QRIS selalu kami dampingi dengan edukasi yang berkelanjutan, baik untuk UMKM maupun masyarakat umum di seluruh Tanah Air. Oleh karena itu, kami juga akan menerapkan hal yang sama yaitu edukasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyukseskan penggunaan QR Cross Border yang berkelanjutan,” tambah Vince.

Kemudian, selain sejalan dengan komitmen G20 untuk menciptakan standardisasi sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif. Inisiatif ini juga merupakan langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi.

Adapun, partisipasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia DANA senantiasa mewujudkan dengan mendukung berbagai inisiatif regulator. Dalam mendukung akselerasi adopsi QRIS, DANA turut memudahkan proses onboarding mandiri mitra di berbagai skala, melalui kemudahan integrasi yang DANA miliki.

DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 23,5 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran. (*) Khoirifa

Related Posts

News Update

Top News