News Update

Dana Nasabah Hilang, DPR Minta BRI Koordinasi Dengan LPS

Jakarta – Ketua DPR-RI Bambang Soesatyo meminta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dapat mengkoordinasikan dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) agar dana nasabah BRI dijamin ganti rugi atas kehilangan uang yang dialami oleh nasabahnya.

Sebagai informasi, sebanyak kurang lebih 33 rekening nasabah Bank BRI di Unit Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengalami kehilangan dana di tabungannya. Berdasarkan laporan BRI, dari 33 rekening, paling besar dana nasabah yang hilang mencapai Rp10 juta.

Pernyataan Ketua DPR-RI ini juga sesuai dengan prosedur tindak lanjut pengaduan nasabah yang tercantum dalam POJK Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan regulasi Bank Indonesia (BI) untuk memberikan perlindungan secara maksimal kepada warga negara Indonesia yang melakukan transaksi di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selain itu, Ketua DPR-RI juga meminta Komisi XI DPR-RI mendorong pihak perbankan untuk dapat mengedukasi serta mensosialisasikan kepada nasabahnya secara berkala agar mengganti PIN ATM dalam kurun waktu tertentu, guna mencegah adanya penyadapan data yang dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Dana Nasabah Raib, BRI Klaim Sudah Ganti Kerugian Nasabah

“Kami juga meminta Komisi III DPR mendorong pihak Kepolisian untuk mencari motif dan mengusut tuntas kasus hilangnya uang milik sejumlah nasabah BRI tersebut serta menindak tegas pihak-pihak yang terbukti terlibat,” ujar dia dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis, 15 Maret 2018.

Di sisi lain, lanjut Bambang, pihaknya juga meminta Komisi I DPR mendorong Badan Intelijen Negara (BIN) bekerjasama dengan Federal Bureau of Investigation (FBI) dan Interpol untuk mengungkap jaringan luar negeri yang diduga melakukan pencurian informasi kartu kredit atau debit (skimming).

Sebelumnya, pihak Bank BRI menegaskan akan mengganti semua kerugian yang dialami nasabahnya terkait dengan dana nasabah yang tiba-tiba mengalami kehilangan. Perseroan akan melakukan investigasi untuk memastikan apakah pembobolan dana nasabah yang terjadi akibat skimming atau bukan.

Sementara itu, terkait dengan kejadian dugaan skimming yang terjadi di Kediri, Sekretaris Perusahaan BRI Bambang Tribaroto mengklaim bahwa Bank BRI telah menyelesaikan investigasi internal secara cepat dan seluruh dana nasabah BRI di Kediri yang hilang telah dikembalikan secara penuh.

“Kenyamanan nasabah menjadi fokus kami, dan kami pun menghimbau agar nasabah tidak perlu khawatir akan keamanan dalam menggunakan layanan Bank BRI,” paparnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ini yang Dilakukan OJK-Kominfo dalam Persempit Ruang Gerak Judi Online

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan tengah berupaya… Read More

1 hour ago

OJK Ungkap Alasan Pertumbuhan DPK Lebih Rendah Dibanding Kredit

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae mengungkapkan penyebab pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)… Read More

3 hours ago

IHSG Ditutup Melesat 1,52 Persen, Nilai Transaksi Tembus Rp41,67 Triliun

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (1/10) berhasil ditutup naik ke… Read More

3 hours ago

Masih Ada 9 Perusahaan Asuransi Belum Miliki Aktuaris

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan masih terdapat 9 perusahaan asuransi yang belum memenuhi… Read More

4 hours ago

RI Alami Deflasi 5 Bulan Beruntun, BPS Ungkap Biang Keroknya

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) mengalami deflasi sebesar 0,12 persen… Read More

4 hours ago

Anak Usaha Delta Dunia Makmur (DOID) Berhasil Raih Dana Rp1 Triliun dari Penerbitan Obligasi

Jakarta - Anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), yakni PT Bukit Makmur Mandiri… Read More

4 hours ago