Keuangan

DANA Hadirkan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM, Begini Caranya

Jakarta – Pelbagai cara dilakukan dompet digital, DANA dalam meningkatkan kapabilitas untuk menjangkau pengguna di berbagai daerah dengan kebutuhan yang kian beragam. Salah satunya bekerja sama dengan PT Abadi Tambah Mulia Internasional atau ATMi, untuk menambah pilihan tarik tunai tanpa kartu yang tersedia di 9.000 anjungan tunai mandiri (ATM) di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat sampai Nusa Tenggara Timur. 

Chief Innovation Officer DANA Indonesia Darrick Rochili mengatakan, di era sinergi dan kolaborasi, waktunya dompet digital dan jaringan ATM Independen seperti ATMi, bekerja sama untuk membuka akses keuangan yang seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia. 

”Didukung oleh ekosistem terbuka yang kami miliki, integrasi antara DANA dan ATMi berjalan dengan sangat baik. Layanan tarik tunai tanpa kartu ini bisa dinikmati oleh pengguna sejak Oktober,” katanya, dikutip Senin, 28 Oktober 2024.

Dengan semangat inklusivitas yang sama dengan ATMi, pihaknya percaya pilihan tarik tunai melalui ATMi mampu menjembatani kebutuhan pengguna DANA.

Baca juga : Waspada Modus Ganjal ATM, Begini Cara Mengindarinya

President Director ATMi Rudy Hadi menambahkan, misi ATMi adalah menjadi penyedia jaringan ATM Independen yang bisa menyediakan akses keuangan yang terpercaya dan dekat bagi masyarakat Indonesia.

“Guna mewujudkan misi tersebut, kami sadar dibutuhkannya kerja sama dengan berbagai industri, termasuk DANA. Perpaduan teknologi DANA dan ATMi, sangat memungkinkan tarik tunai tanpa kartu ini bisa dinikmati dengan aman dan mudah,” jelasnya. 

Diketahui, ATMi merupakan penyedia jaringan ATM Independen di Indonesia yang didukung oleh PT ALTO Network dengan memanfaatkan jaringan ALTO yang luas, ATM  ATMi bisa ditemukan oleh pengguna DANA di berbagai wilayah. 

Saat ini, jaringan ATMi berjumlah sebanyak lebih dari 9.000 ATM yang tersebar di seluruh Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat sampai Nusa Tenggara Timur. 

Adapun 74 persen lokasi ATM milik ATMi yang tersedia  di kota-kota satelit dan pedesaan sesuai dengan segmen pasar dari DANA. Jaringan ATM ATMi bisa ditemukan di gerai ritel minimarket, seperti Alfamart dan Indomaret, juga pasar tradisional.

Cara Tarik Tunai

Guna mendorong masyarakat untuk merasakan pengalaman tarik tunai ini, DANA dan ATMi memberikan gratis biaya tarik tunai saldo DANA hingga 31 Desember 2024. 

Dengan menghilangkan biaya tarik tunai, pengguna yang kerap merasa terbebani untuk menanggung biaya tambahan ini bisa sepenuhnya merasakan nilai tambah baru. 

Baca juga : Transaksi Tembus Rp600 T, Menkomdigi Meutya Hafid Tegaskan Perang Lawan Judol

Pendekatan ini juga diharapkan mampu menyasar serta meningkatkan kepercayaan pengguna-pengguna di kota-kota satelit dan pedesaan, di mana minat

Pengguna bisa menggunakan layanan ini dengan menuju ke halaman ‘Transfer’ pada aplikasi DANA, lalu memilih ‘Tarik Tunai’ dan ‘ATMi’. 

Kemudian, pengguna cukup memasukkan nominal tarik tunai yang diinginkan. Pengguna bahkan bisa mengecek lokasi ATMi dengan memanfaatkan halaman fitur DANA Nearby. Setelah pengguna menemukan ATM ATMi, pengguna dapat mengakses fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu lalu mengikuti alur transaksi sesuai dengan yang tertera pada layar ATM. (*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Airlangga Cerita Soal Retreat di Magelang, Bahas PPN Naik 12 Persen?

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Ailrangga Hartarto bercerita soal wejangan dari Presiden Prabowo Subianto usai pelaksanaan… Read More

2 hours ago

Wamenkeu Anggito Bakal Gali Pajak dari Underground Economy

Jakarta – Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu berencana akan mendorong pendapatan negara melalui pajak dari aktivitas ekonomi… Read More

2 hours ago

BUMA Raih Perpanjangan Kontrak Rp107,8 Triliun dari Bayan Group

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) sebagai anak usaha utama dari PT Delta… Read More

4 hours ago

KB Bank Terbitkan Obligasi Global Perdana 300 Juta Dolar AS

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (BBKP) telah resmi menyelesaikan penentuan harga… Read More

5 hours ago

BI Tekankan Keleluasaan Kebijakan Hadapi Ketidakpastian Global

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menegaskan perlunya kebijakan dan langkah yang konsisten dalam menghadapi ketidakpastian… Read More

6 hours ago

Bank BJB Gelar Kejuaraan Nasional Baseball Softball Salman Al Farisi III

Jakarta - Bank BJB berkomitmen terhadap pengembangan olahraga di kalangan generasi muda agar mendorong lahirnya… Read More

6 hours ago