Otomotif

Daftar Mobil Listrik Murah Rp300 Jutaan, Ada Model dari Eropa

Jakarta – Kehadiran mobil listrik di Indonesia sepertinya bagai jamur di musim hujan. Berbagai brand hingga model mobil listrik terus bermunculan. Ini makin memanjakan masyarakat dalam mengadopsi mobil listrik.

Harus diakui, mobil listrik memang lambat laun mulai diminati oleh masyarakat Tanah Air. Terutama bagi mereka yang ingin beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Terbukti, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan penjualan kendaraan listrik khususnya mobil berbasis Battery Electric Vehicle (BEV) secara wholesales telah menembus 11.913 unit sepanjang Januari-Oktober 2023.

Angka tersebut naik 99,28 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 5.978 unit.

Selain model beragam, harga mobil listrik juga kini makin terjangkau. Ditambah lagi pemerintah memberikan insentif pembelian mobil listrik berupa potongan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) sebesar 10 persen untuk jenis mobil listrik yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40 persen.

Nah, bagi Anda yang ingin mewujudkan keinginan meminang mobil listrik di tahun 2024, ada rekomendasi mobil listrik Rp300 jutaan yang bisa jadi pilihan.

Baca juga: Mobil Listrik Seres E1 Mulai Diproduksi di RI, Harganya Cuma Rp100 jutaan

Berikut daftar mobil listrik yang dibanderol Rp300 jutaan:

Wuling Binguo EV

Belum lama ini, brand otomotif asal China, Wuling kembali menghadirkan mobil listrik teranyarnya bernama Wuling Binguo EV.

Mobil listrik Wuling Binguo EV berbalut tampilan stylish dengan nuansa klasik untuk mobilitas para urban. Secara dimensi, mobil listrik ini memiliki ukuran dimensi 3.950mm x 1.708mm x 1.580mm.

Dari sisi tenaga, Wuling Bingou EV dibekali dengan baterai berkapasitas 31,9 kWh, yang diklaim bisa menempuh jarak 333 kilometer.

Performanya juga diklaim low energy cost dengan kisaran di bawah 10km/kWH atau kurang lebih biaya kisaran Rp160 per km.

Mobil listrik Binguo EV menghadirkan dua varian, yaitu Binguo EV 333km Long Range dan Binguo EV 410km Premium Range.

Menukil laman resmi Wuling, Selasa, 2 Januari 2024, mobil listrik Binguo EV ditawarkan mulai dari harga Rp358 – Rp408 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Neta V

Mobil listrik asal Negeri Tirai Bambu ini jadi salah satu pendatang baru di Tanah Air. Mobil listrik ini mulai dipasarkan pada ajang GIIAS 2023.  

Neta V memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.540 mm. Lebih mungil dari Hyundai Ioniq 5 dengan panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.647 mm.

Mengenai desain, tampilan Neta V tergolong ‘manis’ dan tidak terlalu agresif. Fasia depan contohnya, mobil ini tidak pakai grill alias polos dan bumper depan tampil minimalis. Kesan sporty juga didapat dari bentuk lampu depan yang modern.

Neta V dibekali dengan motor listrik bertenaga 70 kW atau 94 dk, bertorsi 150 Nm serta kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 10 detik.

Lalu, bagaimana dengan harganya? Mobil listrik Neta V dibanderol Rp379 juta OTR DKI Jakarta.

Citroen E-C3

Mobil listrik dengan harga Rp300 jutaan lainnya adalah Citroen E-C3. Sama halnya dengan Neta V, mobil listrik asal Prancis ini juga resmi dipasarkan pada ajang GIIAS 2023.

Dari segi desain, Citroen E-C3 ini memiliki tampilan hashback crossover yang fungky hingga membuatnya sedikit mencolok.

Tak hanya desain yang menarik, mesin yang digunakan pada Citroen E-C3 juga memiliki kemampuan cukup baik.

Baca juga: Pemerintah Bakal Guyur Insentif Fiskal Bagi Investor yang Bangun Pabrik Mobil Listrik

Citroen E-C3 dilengkapi dengan mesin 3 silider berkapasitas 1.200 cc yang dapat menghasilkan tenaga hingga 81 DK dengan torsi 115 Nm.

Ditambah lagi, mesin yang digunakan Citroen E-C3 ini sudah dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan.

Dibekali dengan motor listrik bertenaga 42 kW atau 56 dk dan torsi 143 Nm, mobil listrik ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalan waktu 17,1 detik. 

Untuk pengisian daya dari 10 hingga 80 persen hanya butuh waktu 57 menit, dengan mode fast charging. Bila menggunakan mode normal, durasinya 10,5 jam.

Mengenai harga, mobil listrik Citroen E-C3 dibanderol Rp377 juta OTR DKI Jakarta. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

2 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

3 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

3 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

4 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

5 hours ago