Nasional

Daftar 5 Aplikasi Palsu Pendaftaran Prakerja, Jangan Download!

Jakarta – Belakangan, banyak bermunculan pendaftaran Kartu Prakerja melalui aplikasi di media sosial hingga group WhatsApp dan Telegram. Mulai dari memberikan berbagai informasi seputar simulasi, cara daftar, info kartu hingga kumpulan soal Prakerja.

Informasi program Kartu Prakerja tersebut dipastikan hoax dan penipuan yang dilakukan oknum tertentu dalam mengeruk keuntungan sepihak.

Kepastian tersebut ditegaskan Prakerja melalui postingan di akun resmi Instagram @prakerja.go.id, seperti dinukil Infobanknews, pada Kamis, 1 Februari 2024

“Hati-hati Prakerja Tidak Memiliki Aplikasi. Pendaftaran Program Kartu Prakerja hanya dilakukan melalui laman resmi www.prakerja.go.id,” tulis pengumuman tersebut yang disukai hampir 2.000 likes. 

Baca juga: Airlangga Pamer Program Prakerja Terbukti Ciptakan Angkatan Kerja 140 juta Orang

Aplikasi Penipuan Prakerja

Dalam postingan tersebut, pihak Prakerja meminta masyarakat untuk tidak terjebak untuk mengunduh atau bahkan mengisi data diri melalui aplikasi tersebut.

“Jangan mengunduh dan mendaftar Program Kartu Prakerja melalui aplikasi-aplikasi ini seperti Info Kartu Kerja Online, Simulasi Untuk Tes Prakerja, Cara Daftar Prakerja, Kartu Prakerja Cara Daftar Tip, Kumpulan Soal Prakerja,” tambah informasi tersebut. 

Penipuan Kartu Prakerja

Modus penipuan Kartu Prakerja sebenarnya bukan kali ini terjadi. Pada Juli 2023, Beredar informasi mengenai pendaftaran Kartu Prakerja melalui RT di wilayah masing-masing. Informasi tersebut banyak beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp (WA)

Biasanya, informasi tersebut marak beredar saat pendaftaran gelombang Kartu Prakerja dibuka oleh pemerintah. 

Nah, narasi yang beredar sendiri berbunyi “Yang belum/ingin daftar bantuan Kartu Prakerja akan dilaksanakan di RT masing-masing dengan jadwal sebagai berikut”.

Menanggapi hal tersebut, penyelenggara Kartu Prakerja pun memberikan klarifikasi dalam unggahan di akun Instagram @Prakerja.go.id.

“Sebarkan info ini ke lingkungan sekitar kamu yuk Sob! Jangan sampai orang terdekat di sekitarmu terjebak dalam kegiatan-kegiatan seperti ini yang berpotensi merugikan,” tulis unggahan tersebut, Jumat (28/7).

Dalam penjelasannya, Prakerja tidak pernah bekerjasama atau mengeluarkan surat tugas kepada pihak manapun termasuk institusi maupun lembaga untuk melakukan bantuan pendaftaran akun Prakerja.

“Semua proses pendaftaran dilakukan sendiri melalui laman resmi www.prakerja.go.id,” tulis unggahan tersebut.

Selain itu, Pendaftaran Prakerja gratis, tidak dipungut biaya, dan tidak mengharuskan menggunakan rekening bank tertentu.”

“Kamu bisa pilih sendiri rekening bank atau akun e-wallet yang ingin digunakan sesuai pilihan yang ada,” tambahnya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Buat Akun Prakerja 2024, Mudah dan Anti Ribet

Kemudian, dijelaskan bahwa data-data berikut yang dibutuhkan untuk pendaftaran Kartu Prakerja tidak perlu diberikan atau diserahkan kepada orang lain. 

Antara lain, membawa KK Foto Copy dan KTP asli. Semua data ini dapat kamu masukan dengan mendaftar sendiri melalui www.prakerja.go.id.

Selain itu, Prakerja tidak punya tim lapangan yang ditugaskan melakukan kegiatan pendaftaran atau bantuan pendaftaran. Jangan mudah dirayu atau ditipu oleh siapa pun yang mengaku diri sebagai perwakilan Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

  • Buka laman https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  • Buat akun Prakerja dengan data diri kamu (email, NIK, KK, nomor HP) dan selesaikan tes kemampuan dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  • Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke email Anda.
  • Masukkan 6 digit kode OTP.
  • Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka.
  • Konfirmasi pilihan Gelombang, dan jika sudah sesuai, klik “Gabung”.
  • Isi laman Persetujuan Prakerja dengan mengklik “Saya Menyetujui”.
  • Gunakan saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, pilih pelatihan di Mitra Platform Digital dan bayar dengan nomor Kartu Prakerja.
  • Pastikan rekening bank/e-wallet kamu sudah tersambung sebelum membeli pelatihan.
  • Kerjakan pre-test dan post-test, selesaikan pelatihan dan dapatkan sertifikat.
  • Kemudian jika sudah selesai pelatihan, berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah kamu selesaikan di dashboard Prakerjamu.
  • Tunggu beberapa hari, kamu akan menerima insentif Rp600.000 di rekening bank/e-wallet yang sudah disambungkan. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

10 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

10 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

10 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

13 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

14 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

15 hours ago