Pasar Modal

CSAP Optimis Kinerja 2021 Tetap Positif

Jakarta – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) pemilik jaringan gerai ritel modern terbesar Bahan Bangunan & Home Improvement Mitra10 dan Home Furnishing Atria optimis pertumbuhan kinerja lebih kuat di 2021.

Pertumbuhan kinerja tersebut ditopang oleh pendapatan di kedua segmen utama yakni distribusi dan ritel modern.

Mengutip keterbukaan informasi yang dipublikasi perusahaan, Minggu 23 Mei 2021, Pada akhir 2020 lalu, pendapatan konsolidasi perusahaan mencapai Rp12,7 triliun tumbuh 4,8% dibanding periode 2019. Segmen distribusi tumbuh positif 3,8% menjadi Rp8,33 triliun dan segmen ritel modern tumbuh 7,2% menjadi Rp4,52 triliun.

Gross profit perseroan juga mengalami peningkatan dari 14,9% pada periode 2019 menjadi 15,6% di periode 2020 atau tumbuh 9,4%.

Begitu pertumbuhan signifikan terjadi pada Net Profit perseroan menjadi Rp90 milyar pada periode 2020 yang mana sebelumnya hanya Rp46 milyar pada periode 2019 atau tumbuh sebesar 97%.

Pertumbuhan segmen distribusi ditopang oleh tumbuhnya pendapatan distribusi bahan bangunan yang tersebar di 40 kota besar dan segmen retail modern yang bersumber dari entitas anak, Mitra10 dan Atria yang tumbuh positif berkat ekspansi agresif pembukaan toko baru.

Pencapaian di tahun 2020 tersebut merupakan pencapaian yang sangat positif mengingat perekonomian global termasuk Indonesia terimpit pandemi COVID-19, sehingga menurut BPS terjadi kontraksi pertumbuhan ekonomi sebesar 2,07%.

Sepanjang 2020, meski tertekan isu pandemi, segmen distribusi dan ritel yang didominasi oleh bahan bangunan tetap menunjukkan pertumbuhan pendapatan positif.

Hal ini mengingat tingginya kebutuhan/demand masyarakat atas kebutuhan primer yakni papan/rumah/tempat tinggal. Baik itu guna renovasi tempat tinggal ataupun membangun hunian baru.

CSAP juga menetapkan strategi fokus pada private/house brand untuk meningkatkan profitabilitas selain itu juga terus memonitor strategi cost management. Keefektifan pelaksanaan strategi tersebut juga tercermin dari penjualan berdasarkan segmen geografis. Dimana optimalisasi jaringan distribusi, supply chain yang efektif dan efisien, plus ekspansi ritel modern yang dilakukan sepanjang 2020 membuahkan hasil positif.

Dapat diinformasikan kembali, pada 2019, Perseroan meresmikan 5 superstore Mitra10 baru di kota Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Solo. Sepanjang 2020 lalu CSAP membuka 4 superstore Mitra10 yang berlokasi di Lombok, Bekasi, Balikpapan dan Malang.

Adapun di tahun 2021, guna melanjutkan strategi ekspansi agresif, Perseroan menargetkan membuka 4 superstore baru Mitra10 dan merelokasi 1 Mitra10 di Kalimalang (Bekasi). Adapun kota yang menjadi target ekspansi tahun ini adalah Banjarmasin (Kalsel), Palembang (Sulsel), Tegal dan Semarang (Jateng).

Terkait target pengembangan jaringan Mitra10, Perseroan menargetkan untuk memiliki 50 gerai di tahun 2022-23. Dengan demikian pada akhir tahun 2021 mendatang, Mitra10 akan memiliki 42 jaringan toko di seluruh Indonesia. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

2 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

2 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

3 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

3 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

3 hours ago