Crowdo dan Zilingo Sinergi Bangkitkan UMKM Perempuan Naik Kelas

Crowdo dan Zilingo Sinergi Bangkitkan UMKM Perempuan Naik Kelas

Crowdo dan Zilingo Sinergi Bangkitkan UMKM Perempuan Naik Kelas
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Crowdo dan Zilingo bersinergi untuk memberdayakan pelaku UMKM kaum perempuan agar bisa bangkit dan naik kelas. Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama kedua belah pihak, sehingga nantinya para perempuan pelaku UMKM yang tergabung dalam platform Zilingo dapat menikmati program “Woman Impact Fund” yang sudah berjalan sejak 2021 silam.

Kerja sama ini sangat penting dilakukan mengingat Crowdo dan Zilingo memandang bahwa masih begitu banyak tantangan yang dihadapi oleh para perempuan di dunia bisnis, mulai dari terbatasnya akses pendanaan, perempuan di sejumlah daerah belum siap mengadopsi ekonomi digital, hingga terbatasnya peluang perempuan dalam posisi kepemimpinan strategis.

Sebagai platform B2B dengan solusi bisnis satu atap yang fokus dalam transformasi rantai pasok mode secara global, inovatif, transparan, dan berkesinambungan, Zilingo merangkul 53% pelaku usaha kecil dan menengah yang bergerak dalam industri fashion, beauty, dan lifestyle. Hal ini sejalan dengan misi Zilingo dalam memberdayakan para pemilik brand dan usaha, baik skala kecil, menengah maupun besar.

Kendala permodalan menjadi isu utama dari keberlangsungan usaha, terlebih selama pandemi COVID-19. Bank Indonesia pada 2021 menyebutkan sebanyak 87,5% UMKM terpuruk akibat pandemi. Tak terkecuali bagi para perempuan pelaku UMKM yang sudah menghadapi berbagai tantangan, bahkan sebelum pandemi terjadi.

“Zilingo dan Crowdo optimistis bahwa jumlah perempuan pelaku usaha dapat terus meningkat dengan adanya solusi efektif untuk menyelesaikan segala permasalahan terkait permodalan yang menjadi tantangan besar mereka. Zilingo sebagai fasilitator memberikan dukungan kepada mitranya dengan menyediakan layanan keuangan yang dapat diakses langsung dari platform digital Zilingo, salah satunya adalah fasilitas permodalan yang disediakan oleh Crowdo,” jelas Okky Octavianto, Head of Financial Services Zilingo Indonesia, 29 Maret 2022.

Sementara itu, Direktur Komersial Crowdo, Daniel Silalahi menyatakan, pihaknya sangat antusias dengan adanya kerja sama yang dijalin bersama Zilingo ini. Menurutnya, khusus bagi perempuan pelaku UMKM dari platform Zilingo, Crowdo siap gelontorkan pendanaan sebesar Rp200 miliar hingga akhir 2022. “Dengan demikian, Crowdo berharap akan bisa memberikan kontribusi yang besar bagi para pelaku UMKM pada umumnya dan terutama kepada para perempuan pelaku usaha yang menjadi mitra Zillingo,” tambahnya.

Kerjasama ini juga merupakan bentuk nyata dari niat baik Crowdo dan Zilingo dalam mendukung satu dari 17 fokus Sustainable Development Goals (SDGs) UNDP (United Nations Development Programme) yaitu “gender equality”. Pemberdayaan perempuan di sektor bisnis diharapkan bisa semakin berkembang dan melahirkan banyak perempuan pelaku usaha UMKM.

Saat ini, 65% pemilik usaha yang tergabung sebagai mitra Zilingo didominasi oleh laki-laki sedangkan hanya 35% dikelola oleh perempuan. Kerja sama Crowdo dan Zilingo diharap mampu menjadi energi penggerak dalam tumbuh dan berkembangnya jumlah perempuan pelaku UMKM dengan produk berkualitas unggul. Hal ini juga sekaligus menjadi upaya dukungan terhadap pemerintah dalam menyukseskan 10 Program Prioritas Nasional untuk memberdayakan 3,7 juta UMKM melalui teknologi dan digitalisasi.

Dengan adanya bantuan pendanaan ini, para pelaku bisnis diharapkan dapat meningkatkan skala bisnisnya di seluruh aspek dalam rantai pasokan dengan memanfaatkan akses layanan finansial dan manajemen risiko. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]