Satgas Sosialisasikan Pentingnya Penerapan 3M di Tingkat Keluarga

Satgas Sosialisasikan Pentingnya Penerapan 3M di Tingkat Keluarga

Jakarta – Waspada Covid-19 harus terus diterapkan di setiap lingkaran masyarakat, termasuk keluarga. Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan sosialisasi bahaya Covid dan pentingnya penerapan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) di tingkat keluarga dapat dimulai dari edukasi ibu rumah tangga.

Dwi Listyawardani, Kepala Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 mengungkapkan, Ibu dapat menjadi figur penengah dan netral di keluarga. Ibu mampu mengingatkan anggota keluarganya tentang disiplin protokol kesehatan di rumah, sehingga tidak terjadi penularan Covid-19 pada klaster keluarga.

“Keluarga masih dianggap sebagai tempat yang bebas dari aturan. Hal-hal seperti ini lah kenapa kita tidak boleh lelah mengingatkan. Kita terus mengingatkan terutama lewat Ibu,” ujar Dani dalam diskusi virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, 11 Januari 2021.

Kemudian, Satgas juga terus melakukan kampanye dan sosialisasi pentingnya menerapkan 3M, terutama kepada para ibu. 3M dan pola hidup sehat adalah cara yang paling efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Protokol kesehatan penting untuk terus dilakukan meski vaksinasi sudah tersedia untuk masyarakat.

“Penengah keluarga tetap ibu. Maka, kita harus bekali ibu dengan edukasi penanganan Covid-19,” kata Dani. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.